Take a fresh look at your lifestyle.

Kim Jong un Angkat Saudara Perempuannya Jadi Penentu Kebijakan

0 7
Kim Jong un Angkat Saudara Perempuannya Jadi Penentu Kebijakan

Saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong (dilingkari) muncul di depan umum (Foto: KCTV)

Seoul – Para ahli dan para pejabat mengatakan upaya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un promosikan saudara perempuannya yang masih berusia 28 tahun ke badan pembuat keputusan dinilai sebagai upaya untuk mengamankan kekuasaannya.

Kim Yo Jong ditunjuk sebagai anggota alternatif politbiro di dalam Partai Pekerja Korea yang berkuasa, yaitu pembuat dan memutuskan kebijakan, media resmi Korea Utara mengatakan pada Minggu.

Ia merupakan wanita kedua di Korea Utara yang patriarki bergabung dengan klub eksklusif tersebut, setelah Kim Kyong Hui, yang memegang peran kuat saat saudaranya Kim Jong Il memerintah negara tersebut.

“Meski ia perempuan, Kim Jong Un sepertinya tidak melihatnya sebagai ancaman dan tantangan bagi kepemimpinannya,” kata Moon Hong-sik, rekan peneliti Institut Strategi Keamanan Nasional. “Seperti kata pepatah `darah lebih tebal dari air,` Kim Jong Un berpikir Kim Yo Jong bisa dipercaya.”

Berbeda dengan bibinya, yang dipromosikan ke politburo pada 2012 setelah menjalani lebih dari tiga dekade di partai tersebut, Kim Yo Jong bangkit untuk berkuasa dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kim Kyong Hui belum terlihat sejak suaminya, Jang Song Thaek, pernah dianggap sebagai pemimpin No.2 di Pyongyang, dieksekusi pada tahun 2013. Badan mata-mata Korea Selatan percaya ia sekarang berada di tempat terpencil di dekat Pyongyang yang menjalani perawatan penyakit yang tidak teridentifikasi, menurut sebuah briefing Agustus ke parlemen.

Jang dan istrinya bukan satu-satunya kerabat yang meninggal dari keinginan Kim Jong Un. Kakak laki-laki Kim Jong Un yang terasing, Kim Jong Nam, terbunuh dengan agen saraf beracun di sebuah bandara di Malaysia pada bulan Februari. Pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat percaya, Kim Jong Un dalang pombunuhan tersebut.

Kim Jong Nam, yang tinggal di pengasingan di Macau, telah mengkritik peraturan dinasti keluarganya dan saudaranya telah mengeluarkan perintah untuk eksekusi, menurut beberapa anggota parlemen Korea Selatan.

TAGS : Korea Utara Kim Yo Jong

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22977/Kim-Jong-un-Angkat-Saudara-Perempuannya-Jadi-Penentu-Kebijakan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments