Take a fresh look at your lifestyle.

Kemdikbud Klaim Hasil UN SMP Tahun Ini Lebih Murni

0 6
Kemdikbud Klaim Hasil UN SMP Tahun Ini Lebih Murni

Konferensi pers ujian nasional SMP di Kantor Kemdikbud Jakarta, Senin (28/5)

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan bahwa hasil ujian sekolah menengah pertama (SMP) tahun ini lebih murni. Pasalnya, dengan penerapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), bisa berguna untuk mendeteksi adanya kelemahan di dalam suatu sistem pembelajaran.

“Meningkatnya reliablitas hasil UN akibat keberhasilan meminimalkan distorsi yang sebelumnya disebabkan oleh praktik-praktik kecurangan dalam ujian,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Totok Suprayitno dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (28/5).



Totok mengatakan, sekolah-sekolah dengan Indeks Integritas rendah pada 2017, saat beralih ke moda komputer tahun ini, nilai terkoreksinya 28,01 poin. Sementara sekolah penyelenggara UNBK dua tahun berturut-turut mengalami kenaikan 0,33 poin.

“UN bukan hanya sebagai pemetaan, tetapi juga lebih kepada alat diagnosa untuk merekomendasikan upaya perbaikan kualitas proses belajar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Hamid Muhammad menuturkan, analisa hasil UN SMP ke depannya dapat dijadikan bahan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MPMP), untuk memetakan (mapping) kekurangan yang ada di setiap satuan pendidikan.

Sehingga, kata Hamid, materi yang diajarkan oleh para guru sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam ujian nasional.

“Pelatihan guru yang seragam tidak akan efektif memperbaiki permasalahan yang beragam di masing-masing sekolah,” kata Hamid.

Jumlah siswa peserta UNBK SMP 2018 melonjak tajam, yakni sebanyak 1.977.027 (61.36 persen) siswa, dibandingkan UNBK SMP 2017 yang diikuti 1.136.739 (36,05%) peserta.

Sementara jumlah siswa peserta ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tahun ini mengalami penurunan, dari 2.016.443 (63,95 persen) pada 2017 menjadi 1.136.739 (38.64%) pada tahun ini.

TAGS : Pendidikan Ujian Nasional Kemdikbud SMP

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35248/Kemdikbud-Klaim-Hasil-UN-SMP-Tahun-Ini-Lebih-Murni/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments