Take a fresh look at your lifestyle.

Kecam soal Demonstran, Iran: Trump Berhalusinasi

0 3
Kecam soal Demonstran, Iran: Trump Berhalusinasi

Ketua Komisi Keamanan Nasional Parlemen Republik Islam Iran untuk keamanan nasional dan kebijakan luar negeri, Alaeddin Boroujerdi (Foto: AFP)

Tehran – Ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Iran Alaeddin Boroujerdi menilai demonstrasi merupakan hal wajar di negara yang menjunjung sistem demokrasi seperti Iran.

Oleh karenanya, dia menegaskan, Amerika Serikat (AS) dan antek-anteknya tidak berhak mencampuri urusan dalam negeri Iran.  Ia juga memita Trump dan pejabat AS lainnya untuk tidak menumbuhkan ilusi bahwa insiden di beberapa kota di Iran adalah sesuatu yang genting.

“Trump menyebarkan kecaman dan halusinasi,” kata anggota parlemen Iran tersebut seperti dilansir Tasnim, Senin (1/1).

Beberapa kota di Iran menjadi lokasi demonstrasi dalam beberapa hari terakhir setelah harga bahan pokok melejit hingga 40 persen. Selama demonstrasi, mereka meminta pemerintah membantu mengendalikan kenaikan harga pangan dan inflasi. Namun beberapa oportunis menurut media Iran, berusaha mengubah situasi tersebut untuk mewujudkan kepentingan pribadi mereka.

Menurutnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump  juga berpihak pada oportunis tersebut. Hal itu disampaikan melaui akun Twitter-nya, “Pemerintah Iran harus menghormati hak rakyat mereka, termasuk hak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Dunia sedang menonton!”

Demontrasi di Tehran dibolehkan sesuai dengan Pasal 27 Konstitusi Iran, bahwa pertemuan publik dan pawai diperbolehkan selama para peserta tidak membawa senjata dan tidak melanggar prinsip-prinsip dasar Islam.

Pejabat Iran menyatakan bahwa demonstrasi damai adalah hak setiap warga negara selama sesuai dengan kondisi hukumnya.

Presiden Iran Hassan Rouhani memulai masa jabatan keduanya di bulan Agustus, isu ekonomi merupakan agenda prioritasnya. Ia berhasil menurunkan tingkat inflasi, meski masih menghadapi banyak tantangan ekonomi.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei mengatakan, isu ekonomi merupakan prioritas utama negara tersebut. Ia mendesak pejabat Iran untuk melakukan upaya tanpa henti untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat, termasuk pengangguran di kalangan kaum muda.

“Perekonomian harus menjadi prioritas utama semua anggota dan sektor pemerintahan,” kata Ali Khamenei dalam pertemuan dengan Presiden Rouhani dan anggota pemerintahannya pada bulan Agustus.

Dalam sebuah pidatonya pada Rabu (27/12), Ayatollah Khamenei sekali lagi meminta pejabat untuk untuk memperbaiki sistem ekonomi untuk mengatasi harga tinggi, inflasi dan resesi.

TAGS : Iran Amerika Serikat Alaeddin Boroujerdi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27161/Kecam-soal-Demonstran-Iran-Trump-Berhalusinasi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments