Take a fresh look at your lifestyle.

Jika Tak Sehat, Calon Jemaah Haji Bisa Gagal Berangkat

0 5
Jika Tak Sehat, Calon Jemaah Haji Bisa Gagal Berangkat

Ilustrasi Haji

Jakarta – Istithaah (mampu, red) secara ekonomi bukan satu-satunya syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah. Pemerintah juga menerapkan ‘mampu’ secara kesehatan supaya menjaga kelancaran jemaah selama melaksanakan ibadah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2016 tentang Istithaah, yang menjelaskan bahwa Istithaah adalah kemampuan melaksanakan ibadah haji secara fisik, mental dan perbekalan. Sedang Istithaah kesehatan yakni kemampuan kesehatan jemaah haji secara kesehatan fisik dan mental dengan pemeriksaan kesehatan yang terukur.

“Yang diutamakan adalah pembinaan kesehatan. Ini bukan membatasi. Tatpi mengupayakan agar kemampuannya kembali sehat dan mampu,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek, Senin (31/7) di Jakarta lewat siaran pers.

Sementara Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Eka Jusuf Singka memaparkan Istithaah kesehatan merupakan upaya pemerintah memperbaiki layanan jemaah haji. Kemampuan bukan hanya berupa ekonomi, karena tanpa kesehatan maka jemaah akan kesulitan melaksanakan rukun serta wajib haji. Sehingga jika calon jemaah sedang sakit, maka akan ditunda sampai sehat.

“Hasil pemeriksaan kesehatan menghasilkan empat kategori. Pertama, memenuhi syarat istithaah kesehatan. Kedua, memenuhi syarat istithaah kesehatan dengan pendampingan. Ketiga, tidak memenuhi syarat istithaah sementara, dan Keempat tidak memenuhi syarat Istithaah,” kata Eka.

Eka juga membenarkan adanya kabar calon jemaah asal Padang yang gagal berangkat akibat penyakit gagal ginjal. Menurutnya, peristiwa tersebut tidak hanya terjadi tahun ini saja.

“Sebenarnya ini bukan yang pertama. Sejak 2016 memang ada Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur tentang istithaah kesehatan. Itu ada dalam Permenkes 15 Tahun 2016,” terangnya.

Ditambahkan, dalam Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tertulis penyakit-penyakit yang tidak memenuhi syarat istithaah, salah satunya adalah gagal ginjal.

TAGS : Haji 2017 Kementerian Kesehatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19570/Jika-Tak-Sehat-Calon-Jemaah-Haji-Bisa-Gagal-Berangkat/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments