Take a fresh look at your lifestyle.

Jika Rezim Iran Jatuh, Siapa yang Paling Diuntungkan?

0 6
Jika Rezim Iran Jatuh, Siapa yang Paling Diuntungkan?

Bendera Israel dan Amerika (foto: Google)

London – Siapa yang paling diuntungkan, bila rezim Iran yang sedang berkuasa saat ini runtuh? Jawaban atas pertanyaan ini agak `ngeri-ngeri sedap` untuk dibahas. Layaknya sekumpulan burung pemangsa, negara-negara yang selama ini kontra Iran, sedang menanti sang calon korban menggelepar, dan tak berdaya.

Demikian inti pernyataan yang diungkapkan oleh kolumnis sekaligus asisten editor Guardian, Simon Tisdall menyikapi gelombang protes yang dilakukan oleh warga Iran selama empat hari terakhir.

Menurutnya, harapan jatuhnya rezim Iran yang getol disuarakan oleh Amerika Serikat dan Israel terlampau prematur. Sementara pelemahan Iran justru akan menciptakan ketegangan regional di Timur Tengah makin tak menentu.

Pernyataan salah satu pejabat Iran menyikapi kematian dua orang demonstran lah contohnya. Alih-alih meminta maaf, Iran menunjuk kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan agen asing sebagai dalangnya.

AS jelas dengan posisinya. Presiden AS Donald Trump menegaskan bahwa Paman Sam akan sangat bersuka cita bila rezim saat ini runtuh. AS tidak mempersoalkan terpilihnya Hassan Rouhani sebagai Presiden Iran untuk kedua kalinya.

Pun demikian dengan Israel. Menteri Luar Negeri Israel Tzachi Hanegbi dengan lantang mendukung aksi protes yang dilakukan oleh warga Iran.

“Mereka berani mempertaruhkan nyawa untuk mengejar kebebasan, dan meminta dunia mendukung mereka,” ujar Tzachi dikutip oleh Simon.

Kendati menterinya berani buka suara, namun tidak demikian dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Di tengah kecaman dunia internasional terhadap Iran, Netanyahu memilih kalem. Menurut Simon, Netanyahu kemungkinan takut Iran marah, kemudian membombardir negaranya.

Tidak seperti Trump dan wakilnya, Mike Pence, bagi Netanyahu Israel berada di jalur tembak Iran. Jika Iran marah, berarti Israel juga akan kena batunya.

Pertimbangan lain Israel ialah, Iran sudah sejak dulu meningkatkan pasokan rudal dan senjatanya ke Hizbullah di Libanon, dan kelompok militan di Gaza, Palestina. Karenanya tidak bisa memandang Iran sebelah mata. Apalagi koalisi Iran, Irak, Turki, Suriah, dan Rusia bisa membahayakan Israel dan sekutunya di Timur Tengah.

Artikel asli klik di sini

TAGS : Iran Timur Tengah Amerika Serikat Israel

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27172/Jika-Rezim-Iran-Jatuh-Siapa-yang-Paling-Diuntungkan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments