Take a fresh look at your lifestyle.

Jepang Dukung Trump Terkait Label Teroris untuk Korut

0 8
Jepang Dukung Trump Terkait Label Teroris untuk Korut

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) | (foto: Japan Today)

Tokyo – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menyambut baik langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menyeret nama Korea Utara kembali ke dalam daftar negara yang mensponsori terorisme. Ia mengatakan akan meningkatkan tekanan terhadap Pyongyang.

Perundingan yang diumumkan pada Senin (20/11), memungkinkan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi lebih banyak kepada Pyongyang, yang sedang mengejar program senjata nuklir dan rudal yang bertentangan dengan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB)

“Saya menyambut dan mendukung kebijakan Trump tersebut, sebab itu dapat memberi tekanan pada Korea Utara,” kata Abe kepada wartawan, menurut Kyodo News.

Ini bukan kali pertamnya Korea Utara masuk ke dalam daftar negara yang mensponsori terorisme. Pada 1987 Pyonyang ditetapkan sebagai negara yang mensponsori terorisme atas pemboman Korean Air yang membunuh semua atau 115 orang di atas kapal. Namun administrasi mantan Presiden George W. Bush, menghapus Pyongyang pada 2008 sebagai imbalan kemajuan dalam perundingan denuklirisasi.

Pada Senin (20/11) waktu setempat,  Amerika Seriakat di bawah kepemimpinan Donald Trump kembali memasukkan nama Korea Utara ke dalam daftar negara yang mensponsori. Penunjukan itu seminggu setelah Trump kembali dari perjalanan 12 harinya ke Asia.

“Selain mengancam dunia dengan nuklirnya, Korea Utara berulang kali mendukung tindakan terorisme internasional, termasuk pembunuhan di tanah asing,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

“Penunjukan ini akan menjatuhkan sanksi dan hukuman yang tegas kepada Korea Utara dan orang-orang terkait dan mendukung kampanye tekanan maksimum kami untuk mengisolasi rezim pembunuh tersebut,” tambahnya, dilansir Reuters, Selasa (21/11).

Seorang pejabat intelijen Amerika Serikat yang mengikuti perkembangan di Korea Utara, khawatir langka Trump bisa menjadi bumerang, mengingat dasar penunjukkan tersebut masih bisa diperdebatkan.

Berbicara dengan syarat anonim, pejabat tersebut mengatakan Kim Jong ung dapat merespons dengan berbagai cara, termasuk memperbarui uji coba rudal atau nuklir di lingkungan yang sangat mudah berubah.

TAGS : Amerika Serikat Korea Utara Jepang Teroris

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25090/Jepang-Dukung-Trump-Terkait-Label-Teroris-untuk-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments