Take a fresh look at your lifestyle.

Jepang-AS Enggan Terbuai "Janji" Korut

0 2
Jepang-AS Enggan Terbuai "Janji" Korut

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un menyaksikan peluncuran rudal balistiknya (Foto: Reuters)

Washington – Menteri Pertahanan Jepang Hisunori Onodera dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis sepakat untuk mempertahankan `tekanan maksimal` kepada Korea Utara, kendati Kim Jong-un baru saja menegaskan bahwa negara itu akan menghentikan uji coba rudal nuklir.

Kesepakatan yang diambil dalam sebuah pertemuan di Washington, Jumat (21/4) atau Sabtu pagi waktu setempat itu menyatakan akan terus mendesak Korut, sampai benar-benar meninggalkan semua senjata pemusnah massal dan program rudal balistiknya.

“Kami mempertahankan tekanan dan sanksi untuk memaksa Korea Utara meninggalkan semua senjata pemusnah massal dan program rudal balistik dengan cara yang lengkap, dapat diverifikasi, dan tidak dapat diubah,” kata Onodera kepada wartawan dilansir dari Kyodo News.

Kedua menteri tersebut juga membenarkan bahwa ada pembicaraan soal pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, yang diperkirakan akan berlangsung awal Juni. Dalam pertemuan itu, Trump rencananya akan menekan Kim meninggalkan seluruh program rudalnya.

Selama pertemuan itu, Jim Mattis juga memuji upaya Jepang mencegah Pyongyang menghindari sanksi melalui pengiriman kargo kapal ke kapal di perairan internasional, dan mengkritik penculikan warga negara Jepang Utara pada 1970-an dan 1980-an.

Jepang merupakan mitra terpercaya yang membela nilai-nilai demokrasi bersama di dunia di mana kita menyaksikan DPRK (Korut, Red) mengejar senjata nuklir sebagai sarana untuk membebaskan mereka, warga negara, dan banyak lagi,” kata Mattis.

“Kami terus menerapkan sepenuhnya kampanye tekanan maksimum, dan memuji kepemimpinan Jepang dalam menegakkan sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap laut lepas, mencegah pengiriman pasokan energi dari kapal ke kapal,” tegasnya.

TAGS : Korea Utara Nuklir Jepang Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32910/Jepang-AS-Enggan-Terbuai-Janji-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments