Take a fresh look at your lifestyle.

13 Jenis Tanaman Aquascape Paling Mudah Dirawat

0 0

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda beda untuk menghilangkan stress, salah satunya merawat ikan lengkap dengan tanaman dalam aquascape. Terdapat berbagai jenis tanaman aquascape yang bisa dipilih untuk membuat suasana lebih hidup.

Lalu, apakah akuarium sama dengan aquascape?

Sekilas, memang wadah dari akuarium dan aquascape sama, namun ternyata dua hal ini berbeda. Pada akuarium, fokus utamanya ialah ikan tanpa ada ornamen apapun.
Sementara pada aquascape, pemilik akan membuat ekosistem buatan bawah laut yang terdiri dari ikan, bebatuan dan tanaman. Terdapat pula berbagai ornamen alami lainnya yang dapat diletakkan dalam aquascape.
Kegiatan untuk menghias dan menata aquascape disebut sebagai aquascaping dan bisa melepas penat para pelakunya. Harga Aquascape cukup beragam mulai dari Rp400.000 hingga jutaan rupiah tergantung ukuran dan kualitas.

13 Jenis Tanaman Aquascape Paling Mudah Dirawat

Jenis Tanaman - Wartawan Id

Tertarik untuk melakukan kegiatan ini? Yuk intip beberapa tanaman terbaik sebagai penghias aquascape.

1. Staurogyne Repens

Tanaman pertama yang bisa Anda pilih adalah Staurogyne Repens yang merupakan keluarga dari tanaman Acanthaceae. Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih tanaman ini karena perawatan yang mudah.
Staurogyne Repens merupakan tanaman air yang mudah ditemukan di Amerika Selatan tepatnya di Sungai Cristalino. Tanaman ini juga cukup kuat dan tahan lama sehingga bisa bertahan dengan lama.
Ketika Anda menanamnya, pastikan tunas tegak panjangnya harus dipotong. Pilihlah pencahayaan yang redup sehingga pertumbuhan tanaman ini akan lebih tegak serta membuat pembentukan tunas lebih mudah.
Harga tanaman hias air ini cukup terjangkau mulai dari Rp10.000 – Rp20.000 serta mudah ditemukan.

2. Java Fern

Bagi Anda yang baru menekuni dan mencari tanaman untuk aquascape, Java Fern merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Java Fern tidak membutuhkan perawatan yang sulit untuk tetap bisa hidup.
Tanpa adanya perawatan tambahan seperti pupuk maupun tambahan CO2, tanaman ini tidak akan mudah layu. Cocok bagi para pemula maupun Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman.

Sebagai gantinya, tanaman ini menggunakan daunnya yang panjang dan hijau untuk mendapatkan nutrisi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menanamkan tanaman ini pada kayu dibandingkan pada substrat.
Harga tanaman ini cukup bervariasi namun tetap terjangkau. Anda bisa mendapatkannya mulai dari Rp3.000 tergantung dengan ukuran.

3. Water Wisteria

Tanaman air yang cukup mudah ditemukan ialah Water Wisteria, tanaman ini sering dijumpai di pinggir sungai. Nama lain dari tanaman ini ialah Hygrophila difformis dan merupakan tanaman yang berasal dari benua asia.
Jika Anda menanam Water Wisteria di aquascape, maka suasana ekosistem bawah laut akan lebih terasa.
Ukuran dari tanaman ini tidak terlalu tinggi sehingga cocok diletakkan pada bagian dasar. Tanaman ini mudah dirawat dan cepat tumbuh tanpa melakukan perawatan yang rumit.

Karena sifatnya yang mudah tumbuh dan berkembang, maka tanaman ini cocok dijadikan karpet alami. Ketika terkena air, tanaman ini akan menghasilkan gerakan alami yang memberikan ketenangan kepada siapapun yang melihatnya.
Untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik maka jaga kondisi suhu air pada kisaran 18 hingga 25 derajat celcius. Meskipun pencahayaan kurang, tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik.
Sama seperti tanaman sebelumnya, Anda bisa mendapatkan Water Wisteria dengan harga terjangkau mulai dari Rp2.000.

Water Wisteria - wartawan Id

4. Lilaeopsis Brasmensis

Ingin membuat rumput di aquascape Anda? Tanaman Lilaeopsis merupakan pilihan yang tepat. Bentuknya sangat mirip dengan rumput pada umumnya sehingga cocok digunakan sebagai karpet alami.
Jika Anda memiliki ikan aquascape yang berukuran kecil, maka tanaman ini akan menjadi tempat persembunyian mereka. Hal ini membuat tampilan aquascape Anda lebih hijau dan memberikan ketenangan.
Tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 cm, untuk membuatnya rapi maka rutinlah untuk membungkusnya. Jika tumbuh terlalu tinggi, maka akan mengganggu ekosistem dari Aquascape Anda.
Dengan perawatan yang mudah, harga tanaman rumput ini cukup murah yakni di kisaran Rp10.000.

5. Sagittaria Subulata

Masih banyak tanaman rumput yang bisa Anda tanam dalam aquascape. Diantaranya ialah Sagittaria Subulata yang merupakan tanaman air yang mudah ditemukan di negara Kolombia dan Venezuela.
Tanaman ini sejatinya tumbuh di area lahan basah, sehingga cocok pula untuk diletakkan dalam aquascape. Bagi para pemula yang ingin membuat aquascape penuh dengan rerumputan indah, tanaman ini adalah pilihan yang tepat.
Tanpa pencahayaan dan terang dan tidak perlu adanya CO2 yang banyak, tanaman ini dapat tumbuh subur dan baik. Tentunya, Anda bisa merapikan bagian atas rumput sehingga tidak terlalu panjang.
Harganya juga cukup murah yakni mulai dari Rp5.000 dan Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

6. Dwarf Baby Tears

Tidak memiliki ruangan yang luas untuk memiliki aquascape berukuran besar? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa memiliki aquascape mini yang berukuran lebih kecil namun memiliki fungsi yang sama.
Dalam aquascape ini, Anda bisa menanam berbagai tanaman estetik serta meletakkan ikan hias yang berukuran kecil pula. Salah satu pilihan tanaman dengan ukuran rendah ialah Dwarf Baby Tears.
Tanaman asli Kuba ini merupakan jenis tanaman akuarium dengan ukuran paling kecil. Karakteristik dari tanaman ini adalah tumbuh rendah, lebat dan memiliki ukuran daun yang kecil.
Bagi Anda yang sedang mencari tanaman untuk karpet alami tanaman ini cocok digunakan. Dwarf Baby Tears membutuhkan cahaya yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik. Harga tanaman ini mulai dari Rp8.000 tergantung dengan ukurannya.

7. Amazon Sword

Melakukan kegiatan aquascaping sangat menyenangkan dimana Anda bisa meletakkan berbagai tanaman agar terlihat indah. Untuk tanaman yang cocok digunakan sebagai latar belakang, Amazon Sword merupakan pilihan terbaik.
Bentuk tanaman ini adalah panjang menyerupai pedang dan sering digunakan bagi para pecinta aquascape. Melakukan perawatan tanaman ini cukup mudah, namun Anda perlu menjaga suhu dan pencahayaan agar tanaman tumbuh dengan baik.
Terdapat beberapa varian dari tanaman ini diantaranya tanaman yang memiliki daun lebar dan daun ramping. Harga tanaman ini cukup murah yakni mulai dari Rp2.000 dan mudah ditemukan.

8. Anubias Coffefolia

Seluruh bagian Aquascape bisa ditata dengan indah hingga terlihat menawan dan mempesona Termasuk pada bagian tengah yang bisa Anda letakkan berbagai tanaman menarik.
Anubias Coffefolia adalah pilihan tanaman hijau yang cocok diletakkan pada bagian tengah aquascape. Bentuk daunnya lebar dengan bagian sisi yang bergelombang.

Tanaman ini tidak tumbuh ke atas melainkan melebar ke samping, sehingga tidak akan mengganggu ekosistem aquascape. Bentuk daunnya yang indah membuat banyak orang yang memilih tanaman ini.
Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lambat,sehingga sang pemilik harus sabar dan rutin memeliharanya. Harga tanaman in cukup beragam mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

9. Monte Carlo

Banyak orang yang ingin menciptakan karpet alami agar aquascape terlihat lebih indah. Pilihan tanaman yang tersedia cukup beragam, salah satunya ialah Monte Carlo.
Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tetap bisa tumbuh dengan baik. Laju pertumbuhan dari Monte Carlo ialah ke samping dan bukan ke atas sehingga banyak yang menyukai tanaman ini untuk dijadikan karpet alami.
Jika Anda ingin tanaman ini tumbuh lebih cepat maka atur pencahayaan agar lebih terang. Tanaman akan lebih mudah tumbuh dengan cepat dan lebat, Anda juga bisa meletakkan bebatuan untuk mempercantik aquascape.
Harga tanaman ini mulai dari Rp8.000 – Rp20.000 dan bisa ditemukan di berbagai marketplace terpercaya.

10. Marsilea Minuta

Ingin memiliki tanaman berukuran rendah namun dengan pertumbuhan yang lebat? Marsilea Minuta merupakan pilihan yang disukai oleh para pecinta kegiatan aquascaping.
Tanaman ini memiliki ukuran rendah sehingga cocok dijadikan sebagai karpet alami. Warna daunnya hijau segar dengan bentuk bulat, pertumbuhan dari tanaman ini cukup cepat.
Untuk perawatannya, Marsilea Minuta tidak memerlukan berbagai tambahan perlengkapan rumit lainnya. Hanya saja, Anda harus memperhatikan cahaya yang diterima oleh tanaman ini.
Pastikan pencahayaan yang diterima oleh Marsilea Minuta cukup. Karena, jika tanaman ini kekurangan cahaya maka akan tumbuh ke atas hingga mengapung ke permukaan air.

11. Cabomba Caroliniana

Memiliki aquascape air terjun yang indah? Anda juga harus meletakkan berbagai tanaman indah di dalamnya. Cabomba Caroliniana merupakan pilihan tanaman tepat yang akan membuat aquascape Anda semakin indah.
Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang memiliki bentuk bagus dan indah. Tak heran, banyak para penggemar aquascape yang memilih tanaman ini.

Bentuknya panjang dengan daun yang pipih dan berjumlah banyak. Tanaman ini cocok digunakan pada bagian atas, tengah maupun samping aquascape. Biasanya, para ikan akan bersembunyi dibalik dedaunan yang panjang ini.
Meskipun terlihat cantik, namun ternyata perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman ini sangat sederhana. Tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik meskipun kekurangan cahaya.
Tanpa perlu adanya tambahan CO2 yang banyak, tanaman ini mampu tumbuh dengan lebat dan segar. Harganya cukup murah mulai dari Rp500 – Rp5.000. Anda bisa menyesuaikan banyaknya tanaman sesuai dengan kebutuhan.

12. Marsilea Hirsuta

Marsilea Hirsuta - Wartawan Id

Marsilea Hirsuta merupakan tanaman yang berasal dari Australia dan sering digunakan sebagai karpet alami penghias aquascape. Tanaman ini bisa menyebar dan mengelilingi aquascape dengan baik.
Demi mendapatkan pertumbuhan tanaman yang baik, pencahayaan yang cukup harus disediakan. Dengan pencahayaan yang baik, maka tumbuhan bisa lebih lebat sehingga membuatnya tampak cantik.
Tumbuhan ini memiliki batang yang cukup tinggi dengan jumlah daun yang sedikit dan tidak memiliki ukuran lebar. Tertarik untuk membeli tanaman ini? Harga tanaman ini cukup bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga Rp200.000.

13. Aponogeton Ulvaceus

Tanaman selanjutnya merupakan tanaman air yang berasal dari perairan Madagaskar, tanaman ini bernama Aponogeton Ulvaceus. Bentuk tanaman ini cukup tinggi dengan bentuk daun bergerigi nan cantik.
Dengan ukuran yang panjang, tanaman ini tumbuh dengan tidak berdekatan antara satu daun dan daun lainnya. Biasanya, tanaman ini diletakkan pada bagian belakang Aquascape.

Hal ini dikarenakan proses pertumbuhan tanaman yang cukup cepat. Perawatannya pun mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula sekalipun. Harga tanaman ini berada di kisaran Rp20.000 – Rp650.000
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melakukan kegiatan aquascaping sebagai hobi baru?
Dengan menggunakan berbagai tanaman aquascape di atas, aquascape akan menjadi lebih menarik dan indah.

Baca Juga : Produk Kesehatan yang Bisa Dibeli di Toko SehatQ.com

Sebutkan Jenis Tanaman Aquascape Paling Mudah Dirawat

Jenis Tanaman Aquascape Paling Mudah Dirawat 1. Staurogyne Repens 2. Java Fern 3. Water Wisteria 4. Lilaeopsis Brasmensis 5. Sagittaria Subulata

Jelaskan Tentang Tanaman Marsilea Hirsuta

Marsilea Hirsuta merupakan tanaman yang berasal dari Australia dan sering digunakan sebagai karpet alami penghias aquascape. Tanaman ini bisa menyebar dan mengelilingi aquascape dengan baik. Demi mendapatkan pertumbuhan tanaman yang baik, pencahayaan yang cukup harus disediakan. Dengan pencahayaan yang baik, maka tumbuhan bisa lebih lebat sehingga membuatnya tampak cantik.

Apa itu tanaman Anubias Coffefolia

Anubias Coffefolia adalah tanaman hijau yang cocok diletakkan pada bagian tengah aquascape. Bentuk daunnya lebar dengan bagian sisi yang bergelombang. Tanaman ini tidak tumbuh ke atas melainkan melebar ke samping, sehingga tidak akan mengganggu ekosistem aquascape. Bentuk daunnya yang indah membuat banyak orang yang memilih tanaman ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments