Take a fresh look at your lifestyle.

Jaksa KPK Bongkar Peran PT NKE Terlibat Korupsi Korporasi

0 6
Jaksa KPK Bongkar Peran PT NKE Terlibat Korupsi Korporasi

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah

Jakarta – Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membongkar peran PT Duta Graha Indah Konstruksi (PT DGIK) yang saat ini telah berubah nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring (PT NKE) sebagai koorporasi yang terlibat kasus korupsi.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, ‎tim jaksa penuntut umum pada KPK akan membeberkan peran para petinggi PT NKE dalam surat dakwaan yang akan dibacakan pada sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/10).



“Penuntut Umum KPK akan menguraikan bagaimana peran pengurus korporasi, baik yang menjadi personil pengendali ataupun pihak lain yang terkait,” kata Febri.

Kata Febri, tim jaksa juga akan membeberkan secara rinci proyek-proyek yang pernah ditangani oleh PT NKE. Dimana, sejumlah proyek yang akan dirinci dalam surat dakwaan merupakan bagian dalam pengusutan perkara PT NKE.

“Aspek kerugian negara dan pihak-pihak yang diuntungkan dari korupsi tersebut juga akan diuraikan,” terangnya.

PT DGIK yang kini berubah nama menjadi PT NKE merupakan korporasi pertama yang dijadikan te‎rsangka oleh KPK. PT DGIK dijerat pasal korporasi setelah adanya aturan baru dari Mahkamah Agung (MA) Nomor 13 Tahun 2016.

PT DGIK ‎diduga terlibat kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus pada Universitas Udayana, Bali. PT DGIK disinyalir berperan sebagai kontraktor yang menggarap proyek pembangunan RS Pendidikan Khusus pada Universitas Udayana.

PT DGIK diduga telah merugikan negara sekira Rp25 miliar dari nilai total proyek sebesar Rp138 miliar. Belakangan, KPK mengendus adanya praktik korupsi yang melibatkan PT DGIK dalam enam proyek lainnya‎. Enam proyek tersebut yakni, pembangunan Gedung RS Pendidikan di Universitas Mataran dan pembangunan gedung BP2IP di Surabaya.

Kemudian, pembangunan gedung R‎SUd di Kabupaten Dharmasraya/Sungai Dareh, pembangunan gedung Cardiac di RS Adam Malik Medan, pembangunan ruang paviliun di RS Adam Malik Medan, serta pembangunan gedung RS Inspeksi Tropis di Surabaya.

TAGS : KPK Korporasi PT DGI Kasus Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42063/Jaksa-KPK-Bongkar-Peran-PT-NKE-Terlibat-Korupsi-Korporasi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments