Take a fresh look at your lifestyle.

Izinkan Bantuan ke Yaman, Iran Sebut Arab Saudi Pencitraan

0 6
Izinkan Bantuan ke Yaman, Iran Sebut Arab Saudi Pencitraan

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran (Menlu Ir), Bahram Qasemi (Foto: Pars Today)

Tehran – Kementerian Luar Negeri Iran menolak pernyataan Gedung Putih yang menuduh Teheran memicu ketidakstabilan di Yaman. Ia mengatakan Amerikalah yang  secara terang-terang mendukungan kampanye militer Arab Saudi melawan Yaman di wilayah tersebut

“Pernyataan Gedung Putih membuktikan dengan jelas bahwa Amerika Serikat membantu dan bertanggung jawab atas kejahatan Saudi terhadap Yaman,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Bahram Qassemi pada Sabtu (25/11) malam.

Hal itu disampaikan setelah sekretaris pers Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang memuji koalisi pimpinan Saudi karena mengizinkan pengiriman bantuan dari pelabuhan dan bandara ke Yaman. Ia juga menuduh Iran memasok rudal ke Yaman dan melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB).

Menanggapi hal itu, Qassemi menegaskan bahwa Iran tidak memiliki interaksi militer dengan Yaman. Ia juga menyebut upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi hanya untuk menarik perhatian publik dunia dari “kejahatan tidak manusiawi” yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Saudi terhadap orang-orang Yaman.

“Alih-alih meminta Riyadh menghentikan pemboman warga sipil di Yaman, Amerika Serikat secara terang-terangang mendukung serangan terus-menerus terhadap orang Yaman,” jelas Qassemi, dilansir Tasnim, Minggu (26/11)

Selain itu, Ia juga menegaskan kembali komitmen Iran untuk menyuarakan dukungan bagi negara Yaman di organisasi internasional.

Sejak Maret 2015, Arab Saudi dan beberapa sekutu Arabnya meluncurkan serangan udara mematikan melawan gerakan Houthi Ansarullah dalam upaya mengembalikan kekuasaan kepada mantan presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi, sekutu dekat Riyadh.

Sejak saat itu, lebih dari 10.000 orang terbunuh, jutaan orang dipaksa meninggalkan rumah mereka, dan negara tersebut menghadapi kelaparan parah dan wabah kolera yang mematikan. Dan baru-baru ini, blokade Saudi di Yaman semakin memperburuk krisis kemanusiaan di wilayah tersebut

TAGS : Yaman Arab Saudi Iran Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25374/Izinkan-Bantuan-ke-Yaman-Iran-Sebut-Arab-Saudi-Pencitraan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments