Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Dukung Suriah Serang Israel

0 3
Iran Dukung Suriah Serang Israel

Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: Reuters)

Jakarta – Juru bicara Departemen Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi mengatakan bahwa Teheran mengecam serangan rudal Israel yang menyerang Suriah pada Kamis (10/05) pagi. Ia menyebut tindakan tersebut Israel terang-terangan melakukan pelanggaran kedaulatan Suriah.

Qassemi menyatakan siap memberikan dukungan kepada Suriah jika ingin menyerang Israel sebagai aksi balasan. Ia juga menyalahkan Amerika Serikat, Israel dan sekutu regional untuk mendukung kelompok-kelompok teror di wilayah tersebut untuk mengobarkan perang atas nama mereka.

“Para pendukung utama dari kelompok-kelompok ini secara langsung menyerang wilayah Suriah dalam upaya untuk membalas banyak kegagalan teroris yang mereka buat sendiri dan memberi bantuan pada skala yang menguntungkan mereka,” kata Qassemi.

“Kami siap mendukung hak membela diri Suriah setelah rudal Israel menghantam,” tambahnya.

Ketegangan telah meningkat antara Iran dan Israel dalam beberapa bulan terakhir. Para pejabat Israel telah menjadi semakin khawatir atas kehadiran militer Iran yang kuat di negara yang dilanda perang itu, dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Teheran telah memindahkan senjata canggih ke Suriah yang dapat mengancam jet tempur Israel.

Israel mengatakan militernya menyerang hampir semua struktur militer Iran di Suriah Kamis, termasuk sebuah markas logistik di Kiswah milik Pasukan Quds, sebuah kompleks logistik militer Iran dan gudang penyimpanan munisi kelompok itu di Bandara Internasional Damaskus.

“Siapa pun yang menyakiti kita, kita akan menyakiti mereka tujuh kali lipat, dan siapa pun yang siap untuk menyakiti kita, kita akan bertindak untuk memukul mereka terlebih dahulu,” katanya.

Pertahanan udara Suriah dan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan mereka menenggak lebih dari separuh rudal Israel yang diluncurkan Kamis. Israel mengatakan mereka juga mencegat sejumlah “roket” menggunakan sistem pertahanan udara Iron Dome mereka.

Serangan itu terjadi setelah Pasukan Pertahanan Israel mengatakan militer Quds Iran menembakkan 20 roket dari Suriah di pos-pos militer di Dataran Tinggi Golan.

Baku tembak rudal Kamis adalah bentrokan langsung terbesar antara pasukan Iran dan Israel, dan tampaknya menjadi peperangan terbesar yang melibatkan Israel di Suriah sejak Perang Yom Kippur 1973.

TAGS : Israel Iran Suriah Rudal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34197/Iran-Dukung-Suriah-Serang-Israel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments