Take a fresh look at your lifestyle.

Iran Desak AS Tak Campuri Urusan Suriah

0 4
Iran Desak AS Tak Campuri Urusan Suriah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menaiki Air Force One menuju KTT APEC di Danang, Vietnam pada tanggal 11 November 2017 (Reuters / Jonathan Ernst)

Tehran – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qassemi menyebut rencana Amerika Serikat (AS) menempatkan pasukan militan di dekat perbatasan Suriah dengan Turki, contoh nyata campur tangan mereka terhadap urusan dalam negeri Suriah

Qassemi mengatakan bahwa pengumuman tersebut terjadi tepat saat tentara Suriah dan sekutu-sekutunya mendapat keuntungan besar dalam pertempuran melawan Daesh (ISIS,Red) dan Front al-Nusra.

“Republik Islam Iran, Federasi Rusia dan Republik Turki berusaha untuk mengatasi konflik dari krisis melalui perundingan damai Astana dan pembentukan zona de-eskalasi, dan ketiga negara membuat pencapaian signifikan dalam hal ini,” jelasnya.

Qassemi mendesak Washington untuk membalikkan kebijakan “destruktif” di Timur Tengah, menarik pasukannya dari Suriah dan membiarkan rakyat Suriah memutuskan nasib mereka sendiri.

Pada Senin (15/11), pemerintah Suriah menanggapi langkah Amerika Serikat itu. Ia berjanji akan menghancurkan kekuatan baru tersebut dan mengusir tentara Amerika dari negara itu. Rusia menyebut langkah tersebut untuk membongkar Suriah dan mengamankan kekusaannya di wilayah tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengecam rencana tersebut. Ia mengatakan, Amerika Sedang sedang mencoba untuk membentuk tentara teror guna menargetkan Turki.

“Sebuah negara yang kita sebut sekutu bersikeras untuk membentuk tentara teror di perbatasan kita,” kata Erdogan dalam pidatonya di Ankara.

Pada Minggu (14/1), pemerintah Amerika Seriakt mengumumkan, mereka akan bekerja sama dengan sekutu milisi Suriah-nya, termasuk Pasukan Demokratik Suriah (SDF), sekitar 30.000 orang untuk membentuk “keamanan perbatasan”.

Pasukan tersebut akan beroperasi di sepanjang perbatasan dengan Turki dan Irak, juga di Suriah sepanjang sungai Efrat, yang memisahkan sebagian besar wilayah SDF dari yang dikuasai oleh pemerintah.

TAGS : Iran Suriah Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27915/Iran-Desak-AS-Tak-Campuri-Urusan-Suriah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments