Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Cara Mengikuti Lelang Online Di OKEBID

0 0

Tentu kamu pasti pernah mendengar lelang online di era digital seperti ini. Semakin majunya teknologi, semakin maju pula hal lainnya seperti Lelang online ini. Jika dulu lelang hanya dapat dilakukan secara langsung, sekarang kamu dapat dengan mudah melakukannya secara online.

Lelang online sendiri merupakan penjualan barang secara terbuka yang dapat diakses oleh umum dengan penawaran harga secara tertulis untuk mencapai harga tertinggi yang dilakukan melalui website atau aplikasi lelang berbasis internet.

Di negara kita sendiri, lelang indonesia digunakan sebagai alternatif penjualan. Biasanya lelang online menjual barang lelang yang sebagian besar sudah pernah terpakai. Seperti lelang hp, lelang laptop, lelang mainan, dan lelang barang lainnya. Tapi tenang saja karena barang tersebut masih bagus dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mengikuti Lelang Online Di OKEBID

Ini Dia Cara Mengikuti Lelang Online - Wartawan.id

1. Daftar/Login

Yang pertama pastikan kamu daftar/login terlebih dahulu.

2. Pilih Produk

Kedua pilih produk yang sedang dilelangkan sesuai keinginanmu. Kamu dapat lihat produk melalui menu kategori, dengan cara klik icon searh di header atas atau cari produk melalui kotak pencarian.

3. Ikut Lelang

Ketiga tentunya mengikuti lelang. Isi angka Bid di dalam kotak “Naikan Bid” sesuai dengan aturan kelipatan Bid dan klik tombol BID SEKARANG. Selanjutnya, kamu harus tunggu sampai batas waktu lelang selesai.

Kamu harus tau, bila ada pembeli lain yang melakukan Bid dengan nilai lebih tinggi dibanding kamu, Maka kamu telat di Outbid. Tapi jangan menyerah, kamu dapat mengisikan angka Bid yang baru dan lebih tinggi.

Jika batas waktu lelang sudah selesai dan nilai Bid kamu adalah yang tertinggi, Selamat! Kamu-lah pemenangnya.

4. Selesaikan Transaksi

Terakhir adalah menyelesaikan transaksi untuk mendapat produk yang telah kamu Bid dan menangkan.

  • Klik ke “Username” kamu di sudut kanan atas
  • Klik menu “Daftar Lelang (Bid)”. Lalu klik tombol “CHECKOUT”, pilih kurir pengiriman dan klik tombol “LANJUT KE PEMBAYARAN”.
  • Lakukan pembayaran ke rekening bersama OKEBID. Pembayaran ini akan diteruskan ke penjual setelah produk kamu terima dengan baik.
  • Klik menu “Transaksi Beli”, jika kamu membayar dengan transfer bank manual di dalam daftar transaksi beli, klik tombol “Tindakan” untuk melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Unggah konfirmasi pembayaran melalui formulir yang telah disediakan.
  • Tunggu penjual mengirim produk ke alamat kamu dan konfirmasi jika kamu sudah menerima barang tersebut di halaman transaksi beli.

Jangan lakukan tindakan memenangkan lelang tetapi tidak melakukan pembayaran (Hit&Run), karena akun kamu akan diblokir oleh OKEBID.

Kamu tidak perlu khawatir, OKEBID ini merupakan Marketplace Lelang online yang terpercaya dan mudah untuk melakukan transaksi karena sudah mempunyai berbagai macam bank yang dapat melayani pembayaran produk kamu, loh.

Ingin menjadi penjual barang lelang? Kamu juga dapat menjadi penjual selain menjadi pembeli. Buka website/aplikasi OKEBID di hp atau pc kamu, pastikan terhubung dengan internet ya.

Jenis-Jenis Transaksi

Ini Dia Cara Mengikuti Lelang Online - Wartawan.id

Bahwa terdapat jenis-jenis transaksi yang tersedia di OKEBID yang dapat digunakan oleh para Pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing:

1. Lelang Statis (Flash Auction)

Pada Lelang Statis, penawaran ditujukan untuk memperoleh harga penawaran lelang tertinggi di OKEBID. Lelang statis akan dipublikasi di OKEBID untuk durasi lelang yang ditentukan. Penawaran dimulai dengan harga minimum yang telah ditetapkan oleh Penjual, dan Pengguna yang tertarik dapat melakukan penawaran. Apabila tawaran tersebut merupakan harga tawaran yang tertinggi dan tercepat, maka penawar tersebut dianggap sebagai pemenang lelang.

Dengan membuat dan mempublikasi penawaran pada lelang yang berlangsung bahwa Penjual telah mengajukan suatu tawaran yang mengikat sebagai kontrak pembelian barang yang ditawarkan kepada Penawar tertinggi. Lelang ditutup secara otomatis lewat sistem yang tersedia di OKEBID sebagaimana telah ditentukan durasi lelang. Kontrak akan berlaku bagi penawar tertinggi dan tercepat di akhir periode lelang yang kemudian akan secara otomatis menjadi Pembeli.

2. Lelang Siaran Langsung (Live Streaming Auction)

Lelang Siaran Langsung, penawaran dilakukan secara real time dan disiarkan secara langsung. Lelang Siaran Langsung akan dipublikasi di OKEBID untuk durasi lelang yang telah ditentukan. Penawaran dimulai dengan harga minimum yang telah ditetapkan oleh Penjual dan Pengguna yang tertarik dapat melakukan penawaran. Apabila tawaran tersebut merupakan harga tawaran yang tertinggi dan tercepat, maka penawar tersebut dianggap sebagai pemenang lelang.

Dengan membuat dan mempublikasi penawaran pada lelang yang berlangsung bahwa Penjual telah mengajukan suatu tawaran yang mengikat sebagai kontrak pembelian barang yang ditawarkan kepada Penawar tertinggi. Lelang ditutup secara otomatis lewat sistem yang tersedia di OKEBID sebagaimana telah ditentukan durasi lelang. Kontrak akan berlaku bagi penawar tertinggi dan tercepat di akhir periode lelang yang kemudian akan secara otomatis menjadi Pembeli.

3. Jual Beli Konvensional

Kegiatan jual-beli pada umumnya, dimana Penjual memasarkan Barang dan Pembeli melakukan pembelian atas Barang tersebut.

Baca juga: Cukup Tonton Video Di Vogue Singapura Untuk Mining Kripto VidyCoin

Bagaimana cara mengikuti Lelang online?

Pertama kamu harus Daftar/Login terlebih dahulu. Kedua, pilih produk yang kamu inginkan. Ketiga, ikuti Lelang yang tersedia tersebut dengan tawaran rendah hingga tinggi. Keempat, jika kamu memenangkan Bid, selesaikan transaksi dan tunggu barang itu sampai.

Apa itu Lelang Statis?

Penawaran ditujukan untuk memperoleh harga penawaran lelang tertinggi dengan durasi yang telah ditentukan. Apabila tawaran tersebut merupakan harga tawaran yang tertinggi dan tercepat, maka penawar tersebut dianggap sebagai pemenang lelang.

Apa itu jual beli konvensional?

Kegiatan jual-beli pada umumnya, dimana Penjual memasarkan Barang dan Pembeli melakukan pembelian atas Barang tersebut.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments