Take a fresh look at your lifestyle.

Ingin Buka Bisnis, Wanita Saudi Tak Perlu Izin Wali Lagi

0 4
Ingin Buka Bisnis, Wanita Saudi Tak Perlu Izin Wali Lagi

Wanita Saudi duduk di stadion pertama kalinya saat memperingati ulang tahun berdirinya kerajaan di ibukota Riyadh pada 23 September (Foto: AFP)

Jeddah – Wanita Saudi tidak lagi memerlukan izin wali laki-laki untuk memulai bisnis mereka sendiri. Demikian disampaikan Kementerian Perdagangan dan Investasi.

“Tidak perlu izin wali. Wanita Saudi bebas memulai bisnis mereka sendiri,” ujar juru bicara kementerian Abdul Rahman Al-Hussein dalam postingan berbahasa Arab yang diterjemahkan sebagai #No_Need (tidak butuh)

Kampanye #No_Need adalah inisiatif dari Taysir, yang bertujuan untuk mempermudah prosedur yang diperlukan untuk membangun bisnis baru.
Tidak ada lagi kebutuhan mengunjungi notaris untuk mendokumentasikan pendirian perusahaan. Sistem Abshir berarti semua ini dapat dilakukan secara elektronik.

Wanita Saudi tidak lagi dipersulit untuk mendirikan bisnis mereka sendiri dan lembaga pemerintah tidak akan lagi memerlukan persetujuan wali bagi seorang wanita untuk menyelesaikan prosedur yang diperlukan.

Kepada Arab News, Al-Hussein mengatakan, Wanita dapat mempraktikkan semua transaksi komersial mereka di Kementerian Perdagangan dan Investasi tanpa wali atau notaris.”

Nojood Al-Qassim, kepala Departemen Status Pribadi, Hak Keluarga dan Hak-Hak Perempuan dan Anak-anak, menunjukkan bahwa langkah terakhir ini untuk memberdayakan wanita Saudi sejalan dengan dorongan pembangunan pemerintah secara keseluruhan.

“Salah satu arahan Visi 2030 adalah untuk mengaktifkan peran wanita Saudi di masyarakat dan memberi mereka hak penuh dan hak-hak yang dijamin oleh Syariah,” katanya kepada Arab News.

Dima Al-Shareef, seorang konsultan hukum Saudi, mengatakan, “Saya percaya pendekatan baru ini akan membuka pintu bagi (wanita) di tanah air kita untuk menyoroti bakat dan gagasan mereka dan menerjemahkannya ke dalam bisnis yang realistis dengan pengembalian finansial yang layak.”

“Kami menyaksikan sebuah era baru dalam pemberdayaan perempuan Saudi, khususnya di bidang komersial,” sambungnya.

TAGS : Wanita Arab Saudi Wali

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29347/Ingin-Buka-Bisnis-Wanita-Saudi-Tak-Perlu-Izin-Wali-Lagi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments