Take a fresh look at your lifestyle.

Inggris Tuduh Rusia Sebarkan Serangan Cyber ke Seluruh Eropa

0 3
Inggris Tuduh Rusia Sebarkan Serangan Cyber ke Seluruh Eropa

Kawasan pemerintahan Inggris

Jakarta – Menteri pertahanan Inggris, Gavin Williamson menuduh pemerintah Rusia melakukan serangan cyber yang menargetkan Ukraina dan menyebarkan ke seluruh Eropa tahun lalu.

Pemerintah Inggris mengambil langkah yang tidak biasa untuk menuduh Moskow secara terbuka terhadap serangan ransomware NotPetya pada Juni lalu, yang terutama menargetkan sektor keuangan, energi dan pemerintah Ukraina.

Dilansir SCMP, Ukraina telah mengalami konflik dengan kelompok separatis Kremlin yang didukung sejak Rusia melakukan tindakan Crimea pada 2014 silam.

Serangan tersebut dirancang untuk menyebakan lebih jauh dan mempengaruhi perusahaan-perusahaan Eropa dan Rusia.

“Kami telah memasuki era perang yang baru, menyaksikan perpecahan yang mematikan dari kekuatan militer konvensional dan serangan cyber yang jahat,” ujar Gavin Williamson.

Rusia merobek melanggar peraturan tersebut dengan menghancurkan mata pencaharian dengan menargetkan infrastruktur penting dan informasi mengenai senjata. Kami harus prima dan siap untuk menghadapi ancaman tajam dan intensif ini,” lanjutnya.

Rusia telah menolak tanggung jawab atas serangan tersebut, yang diperkirakan merugikan perusahaan biaya lebih dari 1,2 miliar dollar. Ini mengklaim bisnis Rusia termasuk di antara mereka yang memiliki sistem yang terpengaruh.

Menteri luar negeri Lord Ahmad mengatakan keputusan Inggris untuk mengidentifikasi Kremlin sebagai penanggung jawab menunjukkan bahwa pemerintah tidak akan mentolerir aktivitas cyber jahat.

“Pemerintah Inggris menilai bahwa pemerintah Rusia, khususnya militer Rusia, bertanggung jawab atas serangan cyber NotPetya yang merusak pada Juni 2017.  Kremlin telah menempatkan Rusia sebagai oposisi langsung ke barat, namun tidak harus seperti itu,” ujar Ahmad.

“Kami menyerukan agar Rusia menjadi anggota masyarakat internasional yang bertanggung jawab, karena kemudian diam-diam mencoba untuk melemahkannya. Kami berkomitmen untuk memperkuat upaya internasional yang terkoordinasi untuk menegakkan dunia maya yang bebas, terbuka, damai dan aman,” lanjutnya.

Sebelumnya pada November lalu, Theresa May menuduh Vladimir Putin mencoba menabur perselisihan di barat dengan menyebarkan informasi yang keliru.

TAGS : Inggris Rusia Cyber Malware

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29253/Inggris-Tuduh-Rusia-Sebarkan-Serangan-Cyber-ke-Seluruh-Eropa/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments