Take a fresh look at your lifestyle.

Indonesia jadi Sumber Referensi Riset Dunia pada 2020

0 7
Indonesia jadi Sumber Referensi Riset Dunia pada 2020

Penandatanganan MoU antara Kemristekdikti dan PT Telkom Tbk terkait pembangunan infrastruktur IdREN

Jakarta – Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi salah satu sumber referensi utama riset dunia pada 2020 mendatang. Ekspektasi tersebut akan diwujudkan dalam sebuah jejaring internet antar perguruan tinggi, industri, media, akademisi, dan regulator yang bernama Indonesian Research and Education Network (IdREN).

Menurut Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Kemahasiswaan (Belmawa) Intan Ahmad, IdREN merupakan jejaring tingkat global, di mana akademisi Indonesia tidak hanya bisa mengambil referensi, namun juga mengunggah publikasinya, sebagai bahan referensi bagi para ilmuwan di negara-negara lain.

“Kita masih sering mengambil dari tempat lain, tapi kurang banyak menyumbang. Jadi selain menerima, kita juga memberi,” kata Intan saat acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan PT Telkom (Persero) Tbk, Selasa (19/12), di di Jakarta.

Intan menjelaskan, karena yang tergabung di dalam IdREN bukan semata akademisi dan perguruan tinggi, melainkan industri dan media, para peneliti bisa mendorong hasil riset mereka menjadi inovasi.

“Otomatis, pembangunan ekonomi digital bisa berkembang dengan IdREN ini. Dan resource di berbagai belahan dunia bisa kita akses. Tentu ini tidak bisa dilakukan bagi (perguruan tinggi) yang belum bergabung,” jelasnya.

Pelaksanaan IdREN tahun ini masih belum maksimal, sebab baru 382 dari total 4.570 perguruan tinggi yang baru bergabung. Rencananya, pada 2018 nanti pemerintah baru akan mengisi IdREN dengan berbagai konten.

“Akhirnya, harapan kami pada 2020 nanti, Indonesia jadi salah satu referensi riset di dunia,” tegas Intan.

Sementara menurut Menristekdikti Mohamad Nasir, salah satu upaya pemerintah mendorong penggunaan IdREN ialah dengan membuat beberapa wilayah koordinasi. Bagi perguruan tinggi yang belum tersambung oleh IdREN, kata Menristekdikti, dapat ‘menumpang’ di kampus terdekat.

“Semua wilayah akan kami bagi tiga, timur, tengah, dan barat. Nanti timur kumpul di mana, barat di mana, dan tengah di mana. Yang belum punya, nanti ke kampus terdekat yang sudah punya jaringan IdREN. Sehingga akan membuat mereka berpikir harus memiliki ini (IdREN),” jelas Nasir.

TAGS : Pendidikan Kemristekdikti IdREN Mohamad Nasir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26613/Indonesia-jadi-Sumber-Referensi-Riset-Dunia-pada-2020/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments