Take a fresh look at your lifestyle.

India Tembak Mati 3 Militan

0 2
India Tembak Mati 3 Militan

Ilustrasi kelompok militan

Kashmir – Pasukan bersenjata India tembak mati tiga tersangka militan dalam sebuah gedebuk di daerah Chattabal, di pinggiran Srinagar di Jammu dan Kashmir.

Aksi tembak-tembakan itu pecah pada Sabtu pagi setelah pasukan India melancarkan operasi pencarian di daerah itu, di mana layanan internet ponsel sempat dimatikan, kata penduduk setempat.

“Mayat ketiga militan telah diambil. Salah satunya adalah warga lokal dari Srinagar sementara identitas dua orang lainnya sedang dipastikan,” kata juru bicara polisi Manoj Pandita kepada Anadolu Agency.

Protes meletus di wilayah tersebut segera setelah baku tembak dimulai, dengan para demonstran yang berharap memberi kesempatan kepada militan yang terperangkap untuk melarikan diri.

Sementara itu, penduduk setempat menuduh bahwa seorang pemrotes dihabisi dan dibunuh di lingkungan yang bersebelahan dengan Safa Kadal oleh polisi dengan menggunakan kendaraan mereka.

Namun, polisi menggambarkan insiden itu sebagai kecelakaan lalu lintas dan mengatakan bahwa mereka telah membuat laporan dalam hal ini.

“Bagaimana pembunuhan dilakukan oleh pasukan hari ini dan kemudian dengan berani disangkal. Apakah tidak ada rasa kemanusiaan yang tersisa di India? ”Mirwaiz Umar Farooq, ketua Hurriyat, memposting di akun Twitter-nya bersama dengan video yang diduga terkait dengan insiden tersebut.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Mirwaiz mengatakan dia ditahan di rumah pada hari Jumat sementara Yasin Malik, kepala Jammu dan Kashmir Liberation Front, ditangkap karena mereka dituding akan mengadakan konferensi pers bersama pada hari Sabtu.

Kashmir, wilayah Himalaya yang mayoritas ditempati Muslim, dipegang oleh India dan Pakistan dalam beberapa bagian dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil wilayah  Kashmir juga dipegang oleh China.

Kedua negara telah berjuang selama tiga kali perang – pada tahun 1948, 1965 dan 1971 – sejak mereka dipartisi pada tahun 1947, dua di antaranya memperebutkan Kashmir.

Begitupun di gletser Siachen di Kashmir utara, pasukan India dan Pakistan telah berjuang beberapa kali sejak tahun 1984. Gencatan senjata mulai berlaku pada tahun 2003 lalu.

Beberapa kelompok Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan kekuasaan India untuk kemerdekaan, atau untuk bersatu dengan negara tetangga Pakistan.

Dari peperangan tersebut, beberapa organisasi hak asasi manusia, mengatakan ribuan orang dilaporkan tewas dalam konflik yang terjadi di wilayah sejak tahun 1989 silam itu. (aa)

TAGS : India militan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33857/India-Tembak-Mati-3-Militan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments