Take a fresh look at your lifestyle.

Ilmuwan Iran Kecam Inspeksi Badan Atom Internasional

0 4
Ilmuwan Iran Kecam Inspeksi Badan Atom Internasional

Direktur Badan Energi Atom Internasional, Yukiya Amano (Foto: Mohammadreza Abbasi)

Teheran – Mantan Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Fereidoun Abbasi mengecam inspeksi yang dilakukan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) ke dua universitas di Iran. Menurut Abbasi, inspeksi di perguruan tinggi telah menyalahi akses ke situs-situs sensitif.

“Tindakan IAEA ke pusat-pusat akademisi Iran adalah tindakan yang salah dan tidak dapat diterima,” kata Abbasi dilansir dari Xinhua, pada Selasa (24/7).



Abbasi mengatakan, tidak alasan bagi tim inspeksi untuk mengunjungi kantor profesor di berbagai perguruan tinggi. Dia juga ragu terkait regulasi yang mengatur pembatasan waktu dan tempat untuk inspeksi semacam ini.

“Kunjungan dan inspeksi itu bahkan dapat menyebar ke sektor militer dan universitas militer dan penelitian kami,” tegas Abbasi.

Sebelumnya dilaporkan, para inspektur IAEA mengunjungi Universitas Sains dan Teknologi Iran, dan Universitas Teknologi Sharif.

Setelah rilis di media, Menteri Sains Mansour Gholami menyatakan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran telah mengizinkan inspeksi tersebut.

Gholami juga membantah kunjungan itu akan merusak kepentingan nasional Iran, sebab IAEA menurutnya hanya menengok laboratorium.

TAGS : Iran Atom Nuklir IAEA

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38215/Ilmuwan-Iran-Kecam-Inspeksi-Badan-Atom-Internasional/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments