Take a fresh look at your lifestyle.

Houthi Serang Tanker Minyak Arab Saudi

0 3
Houthi Serang Tanker Minyak Arab Saudi

Kelompok Houthi menyerang kilang minyak Arab Saudi di Riyadh (Foto: IRNA)

Riyadh – Houthi Yaman menyerang tanker minyak Saudi di Laut Merah, menyebabkan kerusakan ringan. Demikian menurut koalisi Saudi-Emirat yang memerangi kelompok pemberontak di negara yang dilanda perang itu.

Pernyataan dari koalisi pada Rabu mengatakan, kapal tanker itu diserang pada 21:15 GMT barat dari pelabuhan Hodeidah Yaman, tetapi tidak menyebutkan nama kapal atau menguraikan kronologi kejadian itu.



“Tanker minyak Saudi mengalami kerusakan ringan akibat serangan milisi Houthi.  Bersyukur serangan itu gagal karena intervensi segera dari armada Koalisi,” kata pernyataan itu.

Sebelumnya pada Rabu, jaringan TV Al-Masirah yang dikelola Houthi melaporkan bahwa mereka telah menargetkan sebuah kapal perang bernama Dammam di lepas pantai barat Yaman.

Pada 13 Juni, pasukan pemerintah Yaman yang didukung oleh koalisi militer Saudi melakukan operasi yang luas untuk merebut kembali Hodeidah dan pelabuhan strategisnya dari pemberontak Houthi.

Pasukan pemerintah terus maju menuju kota, dan pada 19 Juni mereka menyita bandara internasional Hodeidah. Tetapi mereka sejak itu tidak dapat membuat keuntungan tambahan.

Intervensi Arab Saudi dan  UEA untuk adalah untuk melindungi rute pelayaran seperti Laut Merah, yang digunakan untuk membawa barang-barang dari Timur Tengah dan Asia ke Eropa melalui Terusan Suez. Dikatakan merekan menggagalkan serangan Houthi sebelumnya di Laut Merah pada April dan Mei.

Sejak dimulainya serangan Hodeidah, lebih dari 121.000 orang meninggalkan kota pelabuhan Yaman karena pertempuran, menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Yaman yang miskin tetap dihantam oleh kekerasan sejak 2014, ketika Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Arab Sunni yang menuduh Syiah Houthi melayani proxy Iran meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Houthi.

TAGS : Arab Saudi Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38327/Houthi-Serang-Tanker-Minyak-Arab-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments