Take a fresh look at your lifestyle.

Houthi Kendalikan Sumber Daya Yaman

0 3
Houthi Kendalikan Sumber Daya Yaman

Gerilyawan Houthi (Foto: Reuters/Khaled Abullah)

Abu Dhabi – Menteri Luar Negeri Uni Emiret Arab (UEA) untuk Urusan Luar Negeri Anwar Gargash mengatakan milisi Houthi telah menguasai pemerintah negara bagian Yaman dan sumber dayanya di Sanaa.

Ia mengatakan bahwa eksekusi baru-baru ini terhadap para pemimpin partai Kongres Rakyat Rakyat yang bersekutu membunuh mantan Presiden Ali Abdullah Saleh  mengungkapkan kenyataan yang mengkhawatirkan tentang Houthi.

Houthi memegang kekuasaan di Sanaa, dan cengkeraman mereka terhadap pendapatan negara, diperkirakan mencapai  USD3,5 hingga USD5 miliar per tahun. Uang yang dikeluarkan tersebut untuk para pendukungnya dan milisi teroris,” kata Gargash melalui akun Twitternya.

“Studi menunjukkan bahwa perang, impor mobil ke area kontrol Houthi dan pembangunan perumahan bagi para pendukungnya berasal dari dana perbendaharaan negara yang mereka jarah,” sambunya dilasir Al Arabiya, Minggu (17/12)

Houthi memegang kendali ibukota Sana`a sejak akhir 2014, meskipun ada intervensi dari sebuah koalisi yang dipimpin Saudi pada Maret 2015 untuk merebut kembali Yaman utara.

Iran dituduh mempersenjatai kelompok Houthi dengan rudal balistik untuk Arab Saudi bulan lalu. Sebagai tanggapan, Riyadh memberlakukan blokade udara, darat dan laut di Yaman yang sedang berlangsung.

TAGS : Yaman Houthi UEA Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26476/Houthi-Kendalikan-Sumber-Daya-Yaman/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments