Take a fresh look at your lifestyle.

Houthi: Gencatan Senjata Saudi di Yaman Cuma Tipuan

0 2
Houthi: Gencatan Senjata Saudi di Yaman Cuma Tipuan

Seorang anak-anak memegang kertas berisi imbauan untuk segera mengakhiri perang di Yaman (Foto: Khaled Abdullah/Reuters)

Sanaa, Jurnas.com – Seorang pejabat tinggi dari kelompok Houthi Ansarullah menyebut bahwa gencatan senjata yang diserukan oleh Arab Saudi, hanyalah tipuan belaka untuk meraih opini publik internasional.

Juru bicara Ansharullah, Mohammed Abdul Salam dalam unggahannya di Twitter mengungkapkan terjadi peningkatan pertempuran dan serangan udara yang dilakukan oleh koalisi Saudi, sementara gencatan senjata sedang berlangsung.

“Gencatan senjata yang diumumkan itu menipu dan dimaksudkan untuk menyesatkan opini publik dunia. Jika ada niat serius dan kemauan keras terhadap perdamaian, Dewan Keamanan PBB seharusnya mengeluarkan resolusi resmi untuk menghentikan perang tidak masuk akal terhadap Yaman, dan mencabut pengepungan yang tidak adil,” tulis Abdul Salam pada Minggu (12/4) kemarin.

Dikutip dari Press TV, pada 9 April lalu pejabat senior Ansarullah tersebut menegaskan kembali dalam sebuah wawancara eksklusif dengan jaringan berita televisi al-Jazeera yang berbasis di Qatar, bahwa gencatan senjata yang diumumkan adalah aksi publisitas.

“Pengumuman gencatan senjata oleh Arab Saudi memang taktik karena terus maju dengan penggerebekan di Yaman, dan melakukan operasi di berbagai bidang, termasuk daerah di mana tidak ada bentrokan sama sekali,” ujar dia.

Dia menambahkan, “Gencatan senjata Saudi hanyalah manuver politik dan media. Ia mengejar lebih dari satu tujuan. Ia berupaya melemahkan negosiasi serius yang sedang berlangsung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan membakar citra Saudi Arabia yang ternoda darah di saat kritis ini ketika dunia menghadapi pandemi coronavirus.”

Secara terpisah, Juru Bicara untuk Angkatan Bersenjata Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan tentara dan sekutu pejuang dari Komite Rakyat telah memerangi tiga serangan bersenjata yang dilakukan oleh milisi yang setia kepada mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, di Ma`rib dan Bayda.

Saree juga mengungkapkan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa tentara bayaran melakukan dua serangan terhadap garis-garis militer Yaman di distrik Qaniya di Baydha, yang memicu berjam-jam pertempuran sengit di daerah itu.

Dia menambahkan bahwa kelompok lain dari milisi yang dibayar Saudi berusaha untuk menyerang pasukan tentara Yaman dan sekutu mereka di distrik Sirwah di Ma`rib.

TAGS : Arab Saudi Gencatan Senjata Yaman Kelompok Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70472/Houthi-Gencatan-Senjata-Saudi-di-Yaman-Cuma-Tipuan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments