Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Survei: Milton-Boyman Populer, Carolin-Suryadman Bisa Tergilas

0 2
Hasil Survei: Milton-Boyman Populer, Carolin-Suryadman Bisa Tergilas

Ilustrasi Pilkada 2018

Jakarta – Pasca pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Pilgub Kalimantan Barat (Kalbar), Indonesia Development Monitoring (IDM) melakukan penelitian terhadap masyarakat untuk mengetahui paslon yang akan dipilih pada pilkada serentak 2018.

Penelitian dimulai dari sosial politik yang bertujuan untuk memotret keinginan masyarakat terhadap sosok paslon gubernur Kalbar serta pilihan masyarakat terhadap empat bakal paslon gubernur saat Pilgub Kalbar pada 27 Juni 2018 mendatang.

Direktur Ekekutif IDM, Bin Firman Tresnadi mengatakan, dari hasil survei ditemukan tingkat popularitas dan kesukaan masyarakat kepada paslon gubernur Kalbar Milton Crosby-Boyman Harun. Menurutnya, pasangan ini populer dan disukai responden yang dianggap paling dekat dengan masyarakat Kalbar.

“Hal ini ditunjukan dengan hampir 94,7 persen responden suka dan kenal dengan Milton Crosby-Boyman Harum,” kata Firman, melalui rilisnya, Jakarta, Kamis (25/1).

Sedangkan Pasangan Karolin Margaret`s Natasya-Suryadman Gidot hanya disukai 61,7 persen responden. Artinya, pasangan ini bisa tergilas dengan pasangan Milton-Boyman. Sementara pasangan Sutarmidji-Ria Noorsan hanya dikenal dan disukai oleh 64,4 persen responden.

Pada tingkat Akseptabilitas paslon Gubernur Kabar kata dia, hasil temuan survei didapati bahwa pasangan Milton Crosby-Boyman Harum adalah pasangan yang paling diterima oleh masyarakat Kalbar dengan capean 93,7 persen responden.

“Kemudian disusul pasangan Sutarmidji-Ria Noorsan 67,7 persen responden. Dan pasangan Karolin Margareth-Suryadman Gidot tingkat akseptabilitas hanya sebesar 63,6 persen saja,” paparnya.

Hasil survei juga menemukan tingkat kompetensi paslon Gubernur yang dinilai memiliki kemampuan, keahlian dan jujur serta bersih dari kasus kasus korupsi, dari 2.177 responden memilih Milton Crosby-Boyman Harun sebanyak 91,8 persen.

“Sedangkan Sutarmidji-Ria Noorsan hanya 78,6 persen. Kartius-Pensong 57,9 persen dan Karolin Margareth Natasya-Suryadman Gidot hanya dinilai memiliki kompetensi sebagai gubernur oleh 53,7 persen. Hal ini disebabkan, karena Karolin masih minim pengalaman dalam memimpin birokrasi di pemerintahan,” tandasnya.

Sementara itu, saat masyarakat diberikan pertanyaan semi terbuka, secara spontan jika Pilgub digelar hari ini, maka jawaban warga adalah sebagai berikut: sebanyak 39,9 persen dari 2.177 jawaban warga akan memilih pasangan Milton Crosby-Boyman Harun, sementara 21,9 persen akan memilih pasangan Sutarmidji-Ria Noorsan, disusul 19,4 persen responden memilih pasangan Karolin Margareth-Suryadman Gidot.

Diketahui, metode penelitian yang digunakan IDM adalah dengan melakukan survei pada 2.177 penduduk pemilik KTP Kalbar yang sudah memiliki hak memilih pada Pilgub Kalbar 2018, berdasarkan perkiraan jumlah DPT pada Pilgub Kalbar 2018 sebanyak 3.539.794 pemilih dengan menggunakan metodelogi Multistage Random Sampling yang tersebar secara proposional di 14 Kab/Kota di Kalbar.

Penelitian survei ini dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen dan margin of error sebesar -/+ 2.1 persen. Pelaksanaan survei dimulai sejak 12 Januari-21 Januari 2018.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Kalbar Hasil Survei

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28327/Hasil-Survei-Milton-Boyman-Populer-Carolin-Suryadman-Bisa-Tergilas/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments