Take a fresh look at your lifestyle.

Harta Tersangka Cagub Ahmad Hidayat Mus Melonjak Jadi Rp 51 Miliar

0 6
Harta Tersangka Cagub Ahmad Hidayat Mus Melonjak Jadi Rp 51 Miliar

Ahmad Hidayat Mus

Jakarta – Calon gubernur Maluku Utara 2018-2023, Ahmad Hidayat Mus (AHM) diketahui memiliki harta kekayaan s‎enilai Rp 51 miliar. Jumlah harta kekayaan itu diketahui dari ‎laman ‎http://kpk.go.id/id/pantau-pilkada-indonesia yang diakses Senin (19/3/2018).

Harta itu mengalami lonjakan yang cukup signifikan dari pelaporan harta Hidayat ke KPK. Tercatat, Hidayat sebelumnya telah tiga kali melaporkan harta kekayaannya ke lembaga antikorupsi.

Seperti diakses dari laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, Hidayat tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp 7,6 miliar. Jumlah itu dilaporkan Hidayat pada 2005 atau awal menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sula.‎

Pada Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)‎ pertamanya itu, Hidayat tercatat memiliki dua bidang tanah di Jakarta Selatan dan Kota Manado, Sulawesi Utara. Hidayat juga tercatat memiliki 6 unit mobil dari berbagai merek, di antaranya Toyota Land Cruiser, Mercedes-Benz dan 1 unit speedboat.

Pada LHKPN kedua pada 2010, atau saat memasuki periode kedua menjabat Bupati Kepulauan Sula, Harta Hidayat naik menjadi Rp 36,7 miliar dan US$110 ribu. Jumlah tersebut terdiri dari harta tak bergerak dan bergerak.‎

Dalam LHKPN itu, Hidayat tercatat mempunyai 19 bidang tanah dan bangunan mencapai Rp21 miliar. ‎Tanah yang dikuasai AHM itu tersebar di sejumlah daerah, mulai di Jakarta Selatan, Kabupaten Bogor, Bandung, Manado, Minahasa Utara sampai Kepulauan Sula. ‎

Masih dalam LHKPN itu, Kendaraan Hidayat bertambah menjadi 11 unit mobil dan 1 unit speedboat. Mobil baru yang dia miliki antara lain Range Rover, Toyota Alphard, BMW, hingga 2 unit Hummer. Hidayat juga memiliki surat berharga hingga giro senilai Rp 8,5 miliar.

Sedangkan pada LHKPN 2013, total kekayaannya berkurang sedikit menjadi Rp 35,2 miliar dan US$110 ribu. ‎Kepemilikan aset tanah dan bangunan hingga surat berharga tak terjadi perubahan signifikan. ‎Harta itu dilaporkan saat Hidayat ‎maju sebagai calon Gubernur Maluku Utara 2013-2018.‎

Niatan Hidayat mengikuti kontestasi pemilihan gubernur Maluku Utara 2018-2023 kandas setelah KPK menetapkanya sebagai tersangka korupsi proyek pengadaan lahan Bandara Bobong, Kabupaten Sula tahun anggaran 2009 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hidayat‎ dijerat bersama adiknya, Zainal Mus selaku Ketua DPRD Kepulauan Sula 2009-2014.

Dalam kasus yang diduga merugikan negara Rp 3,4 miliar itu, Hidayat diduga kecipratan Rp 850 juta. Sementara Zainal diduga diuntungkan Rp 1,5 miliar.

TAGS : Maluku Utara Tersangka Korupsi Ahmad Hidayat Mus

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30834/Harta-Tersangka-Cagub-Ahmad-Hidayat-Mus-Melonjak-Jadi-Rp-51-Miliar/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments