Take a fresh look at your lifestyle.

Hampir 300 Narapidana di Penjara Chicago Tertular Corona

0 4
Hampir 300 Narapidana di Penjara Chicago Tertular Corona

Ilustrasi penjara (foto:Memo)

Illinois, Jurnas.com – Hampir 300 narapidana di penjara Chicago dinyatakan positif terjangkit virus corona baru (COVID-19) yang telah menewaskan sedikitnya 18.000 orang di seluruh Amerika Serikat (as) dan menginfeksi lebih dari 475.000 orang.

Penjara Cook County pada Jumat (10/4) melaporkan, sebanyak 276 tahanan dinyatakan positif terjangkit COVID-19 minggu ini. Selain itu,  sebanyak 115 staf penjara juga dinyatakan positif yang pertama kali muncul di Wuhan itu.

Perkembangan itu memicu kekhawatiran tentang wabah virus corona di antara populasi penjara di AS, yang memiliki tingkat penahanan tertinggi yang terdokumentasi di dunia.

Dinukil dari Press TV, warga Chicago yang terjangkit corona merupakan terbesar yang dilaporkan dalam penjara Amerika sejauh ini, yaitu sebanyak 4.500.

“Pertama dan terutama, tidak ada yang harus dikurung jika mereka tidak membahayakan masyarakat atau risiko penerbangan,” kata Walikota Chicago, Lori Lightfoot kepada CNN.

“Dan tentu saja bukan karena mereka tidak mampu membayar uang jaminan,” sambungnya.

Kelompok hak asasi manusia termasuk Uni Kebebasan Sipil Amerika sudah mendesak otoritas penjara AS membebaskan tahanan tanpa kekerasan selama pandemi untuk mengurangi penyebaran virus, tetapi sebagian besar negara bagian AS menolak untuk melakukannya.

Dilaporkan hanya beberapa negara, seperti California, yang mengumumkan bulan lalu bahwa mereka berencana untuk membebaskan 3.500 pelaku tanpa kekerasan.

Pengacara untuk Washington, DC, Timothy Shea, pekan lalu menentang pembebasan tahanan di tengah pandemi virus corona, dengan alasan bahwa penjahat kejam tidak boleh dibebaskan.

Ia menyatakan oposisi dalam menanggapi mosi darurat yang diajukan oleh penasihat umum Layanan Pembela Umum. Menurut mosi itu, kasus positif corona yang dikonfirmasi di penjara sekarang mendekati dua digit.

Penasihat umum Layanan Pembela Umum memperkenalkan mosi tersebut setelah beberapa narapidana di penjara-penjara Washington dinyatakan positif terkena virus corona.

Ada kekhawatiran tentang kondisi tahanan di penjara Amerika karena pandemi ini berkembang pesat di seluruh negara bagian AS di tengah kekurangan pasokan medis.

TAGS : Warga Chicago Virus Corona Narapidana Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70384/Hampir-300-Narapidana-di-Penjara-Chicago-Tertular-Corona/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments