Take a fresh look at your lifestyle.

Hakim AS Cekal Larangan Perjalan Trump Versi Terbaru

0 8
Hakim AS Cekal Larangan Perjalan Trump Versi Terbaru

Donald Trump (Foto: AFP)

Washington – Seorang hakim Amerika Serikat memblokir larangan perjalanan terbaru Donald Trump dari beberapa warga negara yang memasuki Amerika Serikat, yang akan mulai berlaku minggu ini.

Larangan yang diumumkan minggu lalu itu menargetkan warga dari Iran, Libya, Suriah, Yaman, Somalia, Chad dan Korea Utara, serta pejabat pemerintah tertentu dari Venezuela. Ini merupakan versi ketiga dari kebijakan yang menargetkan beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim namun telah dibatasi oleh pengadilan.

Negara bagian Hawaii menuntut agar kebijakan Trump terbaru diblokir, dengan alasan undang-undang imigrasi federal tidak memberinya wewenang untuk membatasi ke enam negara tersebut. Meski begitu, Hawaii tidak menentang pembatasan terhadap Korea Utara dan Venezuela.

Hakim Distrik Amerika Serikat Derrick Watson di Honolulu, mengatakan kemungkinan besar Hawaii akan berhasil membuktikan larangan perjalan Trump yang terakhir melanggar undang-undang imigrasi federal.

Kebijakan tersebut merupakan penyakit yang sama persis dengan pendahulunya: tidak ada temuan yang memadai bahwa masuknya lebih dari 150 juta warga negara dari enam negara tertentu akan `merugikan kepentingan Amerika Serikat,” tulis Watson.

Perintah tersebut secara jelas mendiskriminasikan berdasarkan kewarganegaraan dengan cara yang berlawanan dengan undang-undang Amerika Serikat dan prinsip pendirian negara ini,” tulisnya

Namun, Gedung Putih dengan cepat menolak argumennya, menyebutnya sangat berbahaya dan berjanji untuk melawan tindakan tersebut.

“Pembatasan ini sangat penting untuk memastikan, negara-negara asing mematuhi standar keamanan minimum yang diperlukan untuk integritas sistem imigrasi dan keamanan negara kita,” kata pernyataan tersebut.

Departemen Kehakiman menyebut keputusan Watson tidak benar. Ia mengatakan akan mengajukan banding dengan cara yang cepat.

“Pembatasan beberapa negara yang didasarkan pada  ketidakinginan atau keengganan mereka untuk berbagi informasi penting  yang berkaitan dengan terorisme, ketidakstabilan, dan masalah keamanan nasional lainnya,” katanya.

“Oleh karena itu kami yakin, peradilan pada akhirnya akan menegakkan tindakan Presiden yang sah dan perlu dan segera memulihkan perlindungan vitalnya demi keselamatan rakyat Amerika.”

 

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Hawaii

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23392/Hakim-AS-Cekal-Larangan-Perjalan-Trump-Versi-Terbaru/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments