Take a fresh look at your lifestyle.

Gerbang Tani Amini Kebijakan Jokowi Cabut Larangan Cantrang

0 7
Gerbang Tani Amini Kebijakan Jokowi Cabut Larangan Cantrang

Idham Arsyad.

Jakarta – Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani), Idham Arsya menyambut baik keputusan Presiden Jokowi mencabut Peraturan Menteri (Permen) No.2/2015 yang melarang penggunaan cantrang.

“Keputusan Presiden memperbolehkan menggunakan alat tangkap cantrang tentu sangat melegahkan bagi ribuan nelayan yang selama ini terdampak buruk karena peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang melarang nelayan menggunakan cantrang, dan ini patut diapresiasi” ujar Idham Arsyad, dalam keterangan pers ke redaksi, Jumat (19/1).

Keputusan Presiden menyusul aksi unjuk rasa ribuan nelayan di Jakarta. Sejak munculnya kebijakan pelarangan Cantrang telah menuai kontroversi luas di masyarakat khususnya pada nelayan.

Permen No.2/2015 yang melarang penggunaan cantrang ini juga ditentang oleh Gerbang Tani karena kebijakan dikeluarkan tanpa didahului dengan pemetaan dampaknya bagi nelayan serta penerapannya tanpa didahului masa transisi pengalihan alat tangkap.

“Kebijakan ini hanya memandang dari segi lingkungan saja karena cantrang dianggap merusak lingkungan tetapi pertimbangan dari  sisi ekonomi kurang mendapatkan perhatian misalnya dampak bagi nelayan dan keluarganya karena tidak bisa melaut” kata Idham Arsyad.

Para nelayan yang terdampak dari kebijakan tersebut beberapa kali ketemu dengan Ketua Dewan Pembina Gerbang Tani, A.Muhaimin Iskandar. Mereka meminta Cak Imin untuk membantu menyampaikan ke Presiden terkait dengan kebijakan yang dianggap tidak adil bagi nelayan.

“Cak Imin turun langsung melakukan advokasi nelayan cantrang dan menemui serta berdialog dengan nelayan cantrang di Tegal. Walhasil pada saat itu memoratorium pelarangan penggunaan cantrang oleh Presiden. Jadi, jika Presiden membolehkan penggunaan alat tangkap cantrang ini berarti ada kesamaan visi antara Jokowi dengan Cak Imin dalam melihat nasib nelayan” tegas Idham

TAGS : Gerbang Tani Nelayan Indonesia Cantrang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28040/Gerbang-Tani-Amini-Kebijakan-Jokowi-Cabut-Larangan-Cantrang/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments