Take a fresh look at your lifestyle.

Fraksi PKB Gugah Masyarakat Kuatkan Kebhinekaan Lewat Budaya

0 3
Fraksi PKB Gugah Masyarakat Kuatkan Kebhinekaan Lewat Budaya

Syaiful Bahri Anshori/PKB

Jakarta – Anggota komisi I DPR fraksi PKB Syaiful Bahri Anshori menyampaikan pentingnya menguatkan kebhinekaan demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara kedepan. Menurutnya, penguatan kebhinekaan dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan.

Salah satunya, kata dia, melalui pendekatan budaya. 

“Selama ini kita hanya melakukan penguatan kebhinekaan melalui pendekatan politik dan keamanan saja, dan yang belum pernah kita lakukan adalah pendekatan kepada masyarakat melalui budaya,” ujar Syaiful di Jember, Sabtu (9/9/2017).

Syaiful menjelaskan penguatan kebhinekaan melalui pendekatan budaya memberikan manfaat ganda sekaligus. Menurutnya, masyarakat dapat menguatkan kebhinekaan sekaligus merawat kebudayaan yang selama ini menjadi kearifan di masyarakat.

Syaiful menyampaikan kebudayaan merupakan warisan nilai yang diajarkan para pendahulu. Ia menjelaskan, kebhinekaan sendiri merupakan bagian kesatuan tunggal dari ajaran budaya Indonesia.

“Oleh karena itu jika kita mampu terapkan filosofi yang dimiliki bangsa kita yakni Bhineka Tunggal Ika, kita harapkan akan lebih mudah diserap masyarakat menjadi perilaku. Yakni perilaku yang menghargai dan menghormati keberagaman dalam bersosial”, ungkapnya.

Syaiful menyatakan pihaknya akan berkomitmen turut serta dalam melestarikan budaya lokal. Utamanya, menanamkan nilai budaya dalam dunia pendidikan anak didik bangsa.

“Penguatan keBhinekaan melalui sentuhan budaya khas indonesia merupakan peran semua elemen bangsa Indonesia yang tidak bisa dipecah belah oleh kepentingan kelompok maupun pribadi”, paparnya.

TAGS : Komisi I Syaiful Bahri Anshori

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21501/Fraksi-PKB-Gugah-Masyarakat-Kuatkan-Kebhinekaan-Lewat-Budaya/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments