Take a fresh look at your lifestyle.

Fadli: Krisis Spirit Kepahlawanan dalam Kebijakan Pemerintah

0 4
Fadli: Krisis Spirit Kepahlawanan dalam Kebijakan Pemerintah

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon di Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-137 (Foto: Humas DPR)

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Indonesia saat ini sedang mengalami krisis spirit kepahlawanan. Hal itu tercermin dari sejumlah kebijakan pemerintah terhadap aset negara.

Misalnya, kata Fadli, September lalu, pemerintah mengutarakan rencananya untuk menjual aset-aset BUMN yang dinilai sudah bisa memberikan keuntungan.

“Krisis spirit kepahlawanan dalam kebijakan pemerintah juga tercermin dari adanya rencana penjualan aset BUMN. Harapannya, keuntungan yang diperoleh dari penjualan, dapat digunakan membiayai proyek lainnya. Dan aset yang telah dijual pun dapat dibeli kembali,” kata Fadli, dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (10/11).

Menurutnya, logika ini jelas melanggar rasionalitas, dan bertentangan dengan konstitusi. Dimana, konstitusi memerintahkan agar negara menguasai sektor-sektor strategis dan yang menguasai hajat hidup orang banyak.

“Buat apa menjual aset BUMN yang menguntungkan negara kepada swasta? Ini jelas bukan satu sikap mental yang mencerminkan semangat kepahlawanan. Ini sikap kerdil yang selalu mencari jalan pintas. Jangankan berkorban untuk negara, yang terjadi justru mengorbankan negara, menggadai negara, untuk kepentingan jangka pendek,” katanya.

Kata Fadli, bangsa Indonesia harus belajar dari pengalaman, ketika aset BUMN dijual ke publik, aset tersebut kenyataannya akan lebih banyak dikuasai asing.

“Lihat bagaimana Indosat dijual kepada asing. Saat ini lebih dari 60% aset Indosat dikuasai Qatar dan Norwegia. Pemerintah Jokowi berjanji membeli kembali Indosat, namun tak kelihatan tanda-tanda realisasi,” katanya.

Belum lagi, lanjut Fadli, jika diperhatikan jumlah utang Indonesia yang terus menggunung. Menurutnya, selama tiga tahun pemerintahan Joko Widodo, jumlah tambahan utang kita jauh lebih besar dari utang lima tahun pertama kekuasaan SBY.

“Saat ini utang kita sekitar Rp3.779 triliun. Hingga akhir tahun jumlahnya diperkirakan akan tembus Rp4.000 triliun, mengingat setiap defisit anggaran selalu kita tutup dengan utang,” tegasnya.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Fadli Zon

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24605/Fadli-Krisis-Spirit-Kepahlawanan-dalam-Kebijakan-Pemerintah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments