Take a fresh look at your lifestyle.

Eropa Didesak Beri Jaminan Ekonomi kepada Iran

0 6
Eropa Didesak Beri Jaminan Ekonomi kepada Iran

Iran mengancam akan menarik diri dari kesepakatan jika tidak menerima jaminan ekonomi dari Eropa (Foto: AFP)

Vienna – Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif  mendesak negara-negara Eropa untuk menerapkan langkah-langkah ekonomi untuk melindungi perjanjian nuklir 2015 sebelum sanksi Amerika Serikat (AS) diberlakukan pada Agustus dan November.

Pernyataan Zarif itu setelah pertemuan para menteri luar negeri dari negara-negara yang masih menandatangani kesepakatan multinasional di Wina, Jumat (6/7) setelah Donald Trump menarik AS keluar dari pakta itu pada Mei.



“Sekarang kita perlu memasuki tahap pelaksanaan,” kata Zarif dalam bahasa Persia, kepada para wartawan yang berkumpul di ibukota Austria, dilansir Al Jazeera, Sabtu (7/7).

“Kita semua memiliki kerangka waktu yang sudah ditentukan oleh sanksi AS, yang berarti tindakan harus dilakukan sebelum sanksi,” sambungnya.

Karena itu, jika Negeri Para Mullah itu tidak menerima jaminan ekonomi yang cukup dari Eropa, maka Iran mengancam akan menarik diri dari pakta itu, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA).

Sisi lain, Washington juga mengancam punggawa JCPOA yang masih tersisa dengan tindakan hukuman jika mereka terlibat dalam perdagangan dan investasi dengan Teheran.

Tanpa memberikan rincian, Zarif mendesak para pejabat Eropa untuk memberikan penjelasan lebih lanjut perihal jaminan yang akan diterapkan pada beberapa bidang, terutama masalah minyak dan perbankan.

Masih media yang sama menyebutkan menyebutkan bahwa sanksi AS yang paling melumpuhklan Iran diperkirakan akan diberlakukan pada bulan November depan.

Menjelang pertemuan Jumat, Menteri Luar Negeri Perancis, Jean-Yves Le Drian mengatakan tidak mungkin bagi Eropa untuk menyusun paket ekonomi untuk Iran sebelum November.

“Kami mencoba untuk melakukannya sebelum sanksi diberlakukan pada awal Agustus dan kemudian satu set sanksi lagi pada November. Untuk awal Agustus tampaknya agak pendek, tetapi kami mencoba melakukannya pada November,” katanya, dilansir Reuters, Jumat (6/7).

Tetapi Le Drian juga memperingatkan Iran untuk “menghentikan ancaman” untuk menarik diri dari kesepakatan jika tidak menerima jaminan yang cukup dari Eropa.

TAGS : Iran Uni Eropa Amerika Serikat minyak

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/37309/Eropa-Didesak-Beri-Jaminan-Ekonomi-kepada-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments