Take a fresh look at your lifestyle.

Enam Jurnalis Turki Dibui Seumur Hidup

0 2
Enam Jurnalis Turki Dibui Seumur Hidup

Ilustrasi Kekerasan Wartawan

Ankara – Enam jurnalis Turki dihukum penjara seumur hidup oleh pemerintahan Recep Tayyip Erdogan. Keenam jurnalis tersebut dituding terlibat dalam aksi kudeta Juli 2016 silam.

Enam juru pena itu juga dituduh memiliki hubungan dengan orang nomor satu paling dicari Turki, Fethullah Gulen yang saat ini tinggal di Amerika Serikat (AS). Ini pertama kalinya investigasi soal kudeta menyasar wartawan.

Dilansir dari IB Times, mereka yang dihukum termasuk mantan pemimpin redaksi surat kabar Taraf, Ahmet Altan, dan saudaranya, Mehmet Altan, yang merupakan seorang profesor ekonomi juga sekaligus bekerja sebagai jurnalis. Altan bersaudara dituduh memberi kode di acara talkshow televisi dan kolom surat kabar, supaya para komplotan berebut kekuasaan.

Pada Januari lalu, pengadilan tinggi Turki sempat memerintahkan pembebasan Mehmet Altan dengan alasan pemenjaraan Mehmet telah melanggar hak konstitusionalnya. Namun pengadilan yang lebih rendah menolak mematuhi instruksi tersebut.

Hukuman serupa juga dialami oleh empat wartawan lainnya. Mereka dituding mencoba menghapus konstitusi dan menggulingkan pemerintah.

Menurut Hurriyet Daily News, hukuman seumur hidup artinya keenam jurnalis itu akan ditahan 23 per hari, tanpa pembebasan bersyarat, dan dengan jam kunjungan yang terbatas.

TAGS : Turki Kudeta Jurnalis Wartawan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29300/Enam-Jurnalis-Turki-Dibui-Seumur-Hidup/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments