Take a fresh look at your lifestyle.

Empat Pesepakbola Thailand Berhasil Diselamatkan

0 8
Empat Pesepakbola Thailand Berhasil Diselamatkan

Operasi penyelamatan 13 remaja di gua Thailand (Foto: AFP)

Jakarta – Empat bocah laki-laki kembali dapat ditarik dari sebuah gua yang dalam di Thailand Senin malam (09/07), menyisakan empat anak laki-laki dan pelatih mereka di bawah tanah di banjir yang naik.

Fase kedua upaya penyelamatan dimulai pada Senin, setelah empat pertama ditarik ke tempat yang aman pada Minggu malam.

Salah satu anak laki-laki itu dikeluarkan oleh penyelam, ditempatkan di atas tandu dan dirawat di rumah sakit.

Penyelam mengangkat bocah lain sekitar satu jam kemudian. Dua lagi diambil dari gua sebelum malam tiba.

Misi Senin dimulai dengan delapan anak laki-laki dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun masih di bawah tanah, semuanya telah menghabiskan lebih dari dua minggu di gua di provinsi Chiang Rai.

Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menempatkan tangki oksigen dan memandu tali di sepanjang terowongan sempit yang menuju ke anak-anak lelaki.

Selain itu, bendung, atau bendungan rendah, dibangun di luar pintu masuk untuk menjaga ketinggian air tetap rendah, karena hujan lebat yang berat mengancam untuk mengisinya dan rute pelarian 2,4 mil.

Empat anak laki-laki yang dipindahkan hari Minggu dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil di Rumah Sakit Prachanukroh, sekitar 35 mil dari gua.

delapan rumah sakit itu disediakan sepenuhnya untuk tim sepak bola, yang pemainnya berkisar dari usia 11 hingga 16 tahun. Empat orang yang dievakuasi pada Senin juga dirawat di rumah sakit, meskipun kondisi mereka tidak diumumkan.

Keluarga telah berjaga-jaga di pintu masuk gua sejak kelompok itu terjebak 23 Juni lalu. Keluarga belum dapat berinteraksi dengan anak-anak karena ketakutan akan infeksi.

Butuh sembilan jam pada Minggu untuk menyelamatkan dua anak laki-laki pertama, yang digambarkan sebagai kelompok terlemah.

Angkatan Laut Thailand SEAL kemudian mengumumkan dua lagi telah dibebaskan. Tigabelas penyelam dan lima Navy SEAL Thailand terlibat dalam operasi itu, di mana tim yang terperangkap harus berjalan atau menyeberangi area berlumpur di gua yang berliku.

Kemajuan datang lebih mudah pada Senin, dengan tangki oksigen diisi ulang dan tali panduan diperketat.

Sembilan puluh penyelam terlibat dalam penyelamatan. Kelompok itu terdampar selama sembilan hari sebelum dua penyelam Inggris menemukan mereka di lokasi mereka saat ini.

Seorang penyelam angkatan laut Thailand meninggal karena asfiksia pada Jumat ketika menempatkan tangki oksigen di dalam gua.

Kematiannya menekankan bahaya dari penyelamatan dan menambahkan rasa urgensi yang lebih besar dalam mengeluarkan anak-anak.

Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, telah mengirim ahli gua dan penyelam untuk membantu penyelamatan.

Pendiri SpaceX Elon Musk mengatakan, “kapal selam seukuran anak kecil” seberat 90 pon sedang dalam perjalanan dari Los Los Angeles ke Thailand untuk membantu evakuasi.



TAGS : Thailand Pesepakbola Goa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/37444/Empat-Pesepakbola-Thailand-Berhasil-Diselamatkan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments