Take a fresh look at your lifestyle.

Duh, Dua Budaya Korea Batal Bertemu Jelang Olimpiade

0 8
Duh, Dua Budaya Korea Batal Bertemu Jelang Olimpiade

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Seoul – Korea Utara membatalkan pengiriman delegasi kebudayaan pada perhelatan kebudayaan menjelang Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Alasan pembatalan disampaikan melalui telegram.

Pyongyang mengirim telegram sekitar pukul 22.00 waktu setempat kepada Seoul alasan di balik pembatalan acara 4 Februari. Banyaknya pihak yang menyoroti langkah mereka yang ingin memperbaiki hubungan antara kedua negara Korea, adalah satu satu alasannya.

Menanggapi hal itu, pemerintah Korea Selatan mengatakan keputusan itu “sangat disayangkan”.

Acara itu dirancang sebagai salah satu upaya perdamaian sebelum Olimpiade Musim Dingin, yang akan digelar di Korea Selatan pada 9 Februari. Dalam pidato pada malam Tahun Baru, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menawarkan partisipasi negaranya dalam turnamen itu serta membuka kesempatan perundingan pertama dalam lebih dari dua tahun terakhir.

Menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, penjelasan yang diberikan pihak Korea Utara atas pengunduran diri mereka dari acara kebudayaan lantaran adanya laporan media yang “bias” di Korea Selatan.

Kantor berita Yonhap juga mensinyalir Pyongyang kecewa melihat muatan berita mengenai kemungkinan adanya parade militer di Korea Utara sebelum Olimpiade. Kabarnya, Menteri Unifikasi Seoul Cho Myoung-gyon mengatakan parade itu memiliki potensi “mengintimidasi”.

“Sangat disayangkan bahwa sebuah acara yang sudah disetujui oleh pihak Utara dan Selatan akan dibatalkan karena tindakan sepihak oleh Korea Utara,” bunyi respon dari kementarian itu.

Pernyataan mereka juga mendesak agar Pyongyang menepati kesepakatan lainnya, termasuk sejumlah pertunjukkan oleh Korea Utara di Korea Selatan dan pengiriman kontigen atlet hoki perempuan untuk Olimpiade Musim Dingin.

“Apa yang sudah disetujui harus dilaksanakan dengan sikap saling mengerti dan menghormati karena pihak Selatan dan Utara sudah mengambil langkah sulit untuk memulihkan hubungan,” tambah Kementerian Unifikasi Korea Selatan. (AA)

TAGS : Korea Utara Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28498/Duh-Dua-Budaya-Korea-Batal-Bertemu-Jelang-Olimpiade-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments