Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Peristiwan yang Dilancarkan Teroris Mako Brimob

0 6
Dua Peristiwan yang Dilancarkan Teroris Mako Brimob

Kapolri, Tito Karnavian

Depok – Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian menyebut ada dua peristiwa dalam insiden berdarah di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Yakni penyerangan yang mengakibatkan lima anggota Polri tewas dan penyanderaan.

“Ini dua peristiwa, peristiwa penyerangan petugas mengakibatkan lima tewas dan kedua peristiwa penyanderaan dengan satu anggota polri hidup,” kata Tito usai mengecek kondisi terakhir Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018) malam.

Khusus penyanderaan, kata Tito, jajarannya telah memberikan ultimatum. Akhirnya seorang sandera bernama Bripka Iwan Sarjana dibebaskan pada Kamis dinihari. Peringatan itu juga diklaim membuat ratusan penghuni kasus teroris menyerah.

“Itu yang buat kita beri opsi kasih waktu kamis pagi jd lbh kurang 1×24 agar mereka nyerah. Baik baik ternyata mereka ikuti dan ini standar internasional dan HAM. Kita berikan warning kasus penyanderaan. target terpenting sandera hidup,” tutur Tito.

“Dalam teori penanganan penyanderaan, indikator keberhasilan oprasi penyanderaan kalau sandera hidup. kalau sandera mati gagal. Sanderanya alhamudlilah bisa idup. Itu sukses separo.
Kedua bagaimana penyandera juga sedapat mungkin korban minimal. Supaya kita proses hukum. Dalam kasus ini warning ultimatum mereka opsi nyerah,” ditambahkan Tito.

Jika saat itu para penghuni tak juga menyerah, kata Tito, jajarannya sudah mempersiapkan langkah tegas. Langkah tegas itu sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo kepada Tito.

“Kalau saat itu mereka ga nyerah , maka opsi kita jelas dan tegas. Pak presiden sangat tegas perintahnya kepada saya. Kalau ngga nyerah tegas saja pak kapolri saya katakan saya siap pak laksanakan. Jd kita akan tindak tegas dan opsi itu udah disiapkan dan didukung Panglima TNI,” tandas Tito.

Insiden kericuhan di Mako Brimob, Depok, pada Selasa (8/5/2015) menelan korban jiwa. Setidaknya ada lima anggota Polri yang meninggal. Yakni, Briptu Luar Biasa Anumerta Fandy Nugroho; ‎Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi; Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli; Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas; dan Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji.‎ Insiden itu juga menewaskan napi teroris bernama Abu Ibrahim alias Beny Syamsu.

Bripka Iwan Sarjana, ‎seorang polisi yang sebelumnya disandera sudah dibebaskan.‎ Iwan mengalami sejumlah luka ditubuh, termasuk lebam di wajah. Pasca dibebaskan, Iwan langsung dilarikan ke RS Polri untuk perawatan lebih lanjut.  

TAGS : Teroris Mako Brimob Kapolri

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34141/Dua-Peristiwan-yang-Dilancarkan-Teroris-Mako-Brimob-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments