Take a fresh look at your lifestyle.

Download MP3 : Tak Hanya Menyenangkan, Inilah 8 Manfaat Mendengarkan Musik

0 0

Wartawan.id – Kegiatan mendengarkan musik merupakan kegiatan yang disukai oleh hampir semua orang. Sebagai bahasa universal, musik bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak balita, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia bisa bergoyang bersama saat menikmati musik. Orang bisa menikmati musik melalui gawai atau ponsel pintar yang mereka miliki. Mereka juga tidak segan mengisi memori ponsel pintar mereka dengan lagu-lagu favorit yang didapatkan dengan cara download MP3.

Musik atau lagu yang telah diunduh ini bisa didengarkan di berbagai kesempatan. Anda bisa mendengarkannya selama berada di perjalanan, saat olahraga, saat bekerja, atau di saat tidak melakukan apapun. Sekali unduh, Anda bisa mendengarkannya berulang kali meskipun Anda sedang tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

Manfaat Mendengarkan Musik

Manfaat Mendengarkan Musik - Wartawan.id

Nyatanya, mendengarkan musik adalah hobi yang mendatangkan banyak manfaat. Yap, mendengarkan musik memiliki beragam manfaat dari sisi kesehatan. Apa saja manfaat dari mendengarkan musik? Berikut ulasannya.

1. Mampu Meningkatkan Mood

Yang pertama, suasana hati atau mood bisa diperbaiki dengan mendengarkan musik. Jika Anda sedang tidak mood atau suasana hati Anda sedang tidak baik, Anda bisa mendengarkan musik untuk mengembalikan suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Untuk Anda yang sedang memiliki suasana hati yang tidak terlalu baik, sebaiknya Anda tidak mendengarkan lagu-lagu yang bertema sedih. Lebih baik Anda mendengarkan musik yang energi, seperti musik Rock, Punk, Hip Hop, Reggae, atau genre musik lainnya yang mampu membangkitkan semangat.

2. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Yang kedua, mendengarkan musik bisa membantumu dalam meningkatkan produktivitas. Untuk mengurangi rasa jenuh, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sambil mendengarkan musik. Beberapa genre musik memiliki kemampuan membantu Anda tetap produktif setiap harinya.

Jika Anda mendengarkan musik dengan tujuan meningkatkan produktivitas, Anda bisa mendengarkan musik-musik klasik, instrumen, hingga suara alam. Selain itu, musik favorit Anda juga sangat bisa membantu Anda agar bisa tetap produktif. Agar bisa mendengarkan musik favorit Anda selama bekerja, jangan lupa untuk download MP3 musik favorit Anda.

3. Mampu Mengurangi Rasa Sakit

Yang ketiga, mendengarkan musik ternyata mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri. Ketika Anda mendengarkan musik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Tidak ada genre musik khusus yang mampu mengurangi rasa sakit. Musik favorit Anda, apapun genrenya, bisa digunakan untuk tujuan ini.

4. Mampu Mengurangi Stress

Yang keempat, kegiatan mendengarkan musik juga mampu mengurangi stress dan meredakan gejala depresi. Seiring dengan tekanan hidup yang semakin berat, semakin tinggi pula kemungkinan seseorang mengalami stress hingga depresi. Tidak hanya itu, gangguan mental lainnya seperti kecemasan juga bisa diredakan dengan mendengarkan musik.

Lagu favorit Anda bisa digunakan untuk mengurangi stress. Dengarkan lagu favorit selama kurang lebih 30 menit, Anda akan merasa lebih rileks, kadar stress berkurang, hingga menormalkan denyut jantung.

5. Mampu Membuat Semangat Saat Berolahraga

Yang kelima, musik yang didengarkan saat Anda berolahraga bisa membuat Anda lebih semangat. Kegiatan mendengarkan musik saat olahraga bisa meningkatkan stamina. Tidak hanya itu, durasi atau waktu olahraga Anda juga bisa lebih lama karena Anda merasa lebih semangat dan berstamina.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, genre musik yang Anda dengarkan juga harus tepat. Saat berolahraga, Anda tidak disarankan mendengarkan musik yang memiliki tempo lambat. Musik dengan tempo lambat bisa membuat tempo olahraga Anda lebih lambat.

Jenis musik yang disarankan untuk didengarkan saat berolahraga adalah jenis musik yang memiliki tempo cepat dan energi. Hal ini akan mempengaruhi tempo dan gerakan Anda saat berolahraga menjadi lebih cepat dan bersemangat.

6. Membuat Tubuh Rileks

Yang keenam, mendengarkan musik mampu membuat tubuh Anda rileks. Ini bisa membantu pasien yang sedang bersiap untuk menjalani operasi. Dokter atau tenaga medis lainnya bisa mengusahakan pasien lebih rileks dengan membiarkannya mendengarkan musik favorit.

Untuk mendapatkan manfaat rileks dari mendengarkan lagu, Anda disarankan untuk mendengarkan lagu dengan tempo yang lambat. Anda bisa mendengarkan musik klasik, musik jazz, atau bisa juga musik instrumen. Dengarkan sambil berbaring atau posisi tidur dan rasakan sensasi rileks dalam tubuh Anda.

7. Membantu Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat lainnya dari mendengarkan musik adalah mampu mengurangi dan menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya penyakit mental, namun juga dapat membantu pemulihan seseorang yang menderita alzheimer dan stroke.

Musik bisa membantu pemulihan ingatan dan memori dari seseorang yang menderita penyakit alzheimer. Jika Anda mengetahui lagu atau musik favorit mereka, Anda bisa membantu download MP3 gratis lagu-lagu favorit mereka untuk kemudian diperdengarkan. Kegiatan ini membantu penderita alzheimer untuk setidaknya mengingat diri mereka sendiri.

Hal ini juga terjadi pada seseorang yang menderita stroke. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Helsinki, pasien stroke yang rajin mendengarkan musik favorit selama kurang lebih dua jam sehari mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini terjadi pada pemulihan fungsi kognitif pada pasien tersebut sehingga mempercepat pemulihan dari penyakit stroke.

8. Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Yang terakhir, kegiatan mendengarkan musik juga membantu meningkatkan kecerdasan si kecil. Anak-anak berusia 4 hingga 6 tahun yang mengikuti pelajaran musik menunjukkan peningkatan kecerdasan verbal. Jumlah dan pemahaman kosa kata mereka meningkat. Tidak hanya kecerdasan verbal, musik juga berpengaruh pada peningkatan IQ.

Nah, itulah 8 manfaat mendengarkan musik. Dari pembahasan ini, kita sama-sama tahu bahwa kegiatan mendengarkan musik bukanlah hal yang sia-sia. Anda bisa download lagu favorit agar bisa mendengarkannya di setiap kesempatan dan rasakan manfaat dari kegiatan tersebut.

 

Baca Juga : 7 Manfaat SehatQ, Platform Kesehatan Keluarga Indonesia

Mengapa kegiatan mendengarkan musik menyenangkan?

Kegiatan mendengarkan musik merupakan kegiatan yang disukai oleh hampir semua orang. Sebagai bahasa universal, musik bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak balita, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia bisa bergoyang bersama saat menikmati musik. Orang bisa menikmati musik melalui gawai atau ponsel pintar yang mereka miliki. Mereka juga tidak segan mengisi memori ponsel pintar mereka dengan lagu-lagu favorit yang didapatkan dengan cara download MP3

Sebutkan 5 Manfaat mendengarkan musik?

1. Mampu meningkatkan mood 2. Mampu meningkatkan produktivitas 3. Mampu mengurangi rasa sakit 4. Mampu mengurangi stress 5. Mampu membuat semangat saat berolahraga

Bagaimana musik bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit?

Tidak hanya penyakit mental, namun juga dapat membantu pemulihan seseorang yang menderita alzheimer dan stroke. Musik bisa membantu pemulihan ingatan dan memori dari seseorang yang menderita penyakit alzheimer. Jika Anda mengetahui lagu atau musik favorit mereka, Anda bisa membantu download MP3 gratis lagu-lagu favorit mereka untuk kemudian diperdengarkan. Kegiatan ini membantu penderita alzheimer untuk setidaknya mengingat diri mereka sendiri. Hal ini juga terjadi pada seseorang yang menderita stroke. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Helsinki, pasien stroke yang rajin mendengarkan musik favorit selama kurang lebih dua jam sehari mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini terjadi pada pemulihan fungsi kognitif pada pasien tersebut sehingga mempercepat pemulihan dari penyakit stroke.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments