Take a fresh look at your lifestyle.

Diving dan Snorkeling Asik di Pulau Selayar

0 0

Kalau menyinggung tentang keindahan alam memang Tanah Air kita juaranya, terutama sebagai tujuan wisata bahari mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Selatan dengan aktivitas wisatanya diving di Pulau Selayar.

Walaupun belum sepopuler Pulau Bali misalnya, namun pemandangan bawah laut pada spot-spot diving destinasi liburan ini tidak kalah mempesona. Kalau kamu tengah memburu lokasi snorkeling atau penyelaman yang mengesankan Pulau Selayar bisa jadi pilihan.

Sekilas Tentang Pulau Selayar

Gugusan pulau yang disebut Selayar ini mungkin bukan termasuk objek wisata atau spot selam yang sering kamu dengar. Namun percayalah saat pertama kali menginjakkan kaki di bagian paling selatan, Provinsi Sulawesi Selatan ini kamu akan berdecak kagum.

Di sinilah orang mendapatkan gambaran pantai tropis nan eksotis yang sesungguhnya dengan pemandangan alam pesisirnya yang mempesona. Pasir putih yang lembut, perairan yang jernih kebiruan, jejeran pohon nyiur, dan angin sepoi yang bertiup sejuk.

Jika pemandangan pantainya saja sudah sanggup membuat banyak wisatawan jatuh cinta, apalagi panorama bawah lautnya yang sungguh luar biasa. Ada cukup banyak spot penyelaman yang dapat dipilih baik bagi diver berpengalaman atau yang baru pertama kali mencoba.

Ingin tahu spot-spot terbaiknya? Simak rekomendasi Blublub untuk kamu!

Titik-titik Penyelaman di Pulau Selayar

Salah satu keunggulan Pulau Selayar sebagai lokasi diving dibandingkan titik selam lain di Tanah Air adalah dapat digunakan sepanjang tahun. Ini karena letak geografisnya yang membentang dari utara ke selatan.

Jadi saat musim barat aktivitas diving bisa kamu lakukan di pantai timur Selayar. Sebaliknya, saat musim timur berlangsung kamu tetap dapat menyelam di kawasan pantai barat. Nah, inilah keunikan alam di objek wisata selam ini.

Perlu kamu ketahui jika suhu air bisa menurun drastis pada titik selam tersebut pada bulan-bulan Juni hingga September. Jika ingin menyelam Blublub sarankan untuk mengenakan baju diving dengan ketebalan paling tidak 5 mm.

Spot-spot diving Selayar terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu pantai barat dan pantai timur Selayar, serta Taman Nasional Taka Bonerate.

Pantai Barat Selayar

Ada cukup banyak titik penyelaman yang dapat kamu coba di kawasan ini,  yaitu:

  • Tambolongan Reef
  • Center Rock
  • Manta Point 1 dan 2
  • Balangnipa
  • Sitio Anto
  • Sitio Mardin
  • Spaghetti Reef
  • Taka Beni
  • Black Ray
  • Coral Garden
  • Liang Tarrusu
  • Pasi 1
  • Center Point
  • Pasi Reef
  • Tambolongan Reef
  • Tambolongan Wall

Karakter lautan di pantai barat ini lebih landau dan direkomendasikan untuk kamu yang berniat mengabadikan siput laut warna-warni. Selain itu ada banyak biota laut berukuran kecil pada topografi datarnya.

Bagi diver yang ingin bertemu penyu, spot-spot yang dapat kamu kunjungi adalah Coral Garden, Balangnipa, atau Spaghetti Reef. Di Bulan Juli beberapa penyelam juga melaporkan sering bertemu dugong atau ikan duyung.

Diving dan Snorkeling blublub - Wartawan

Sementara ikan-ikan pari raksasa lebih suka bersantai mendekati permukaan laut. Jika beruntung mungkin kamu juga dapat bertemu ikan hiu.

Beberapa spot penyelaman memang khusus untuk diver bersertifikat, namun kebanyakan titik selam di kawasan pantai barat terbilang aman untuk snorkeling. Lagi pula tingkat kecerahan perairan kawasan pantai barat ini sangat baik yang memungkinkan diver mempunyai jarak pandang yang optimal.

Pantai Timur Selayar

Aktivitas diving di Pulau Selayar berikutnya dapat kamu lakukan di puluhan titik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pulau Kambing
  • Appatanah
  • Cave Lobster
  • Bulo-Bulo Ang
  • Magic Wall
  • Taka Timur
  • Jammeng
  • Seafan Corner
  • Desa
  • Pantai Pinang

Karakter spot penyelaman di kawasan pesisir timur lebih banyak berupa wall atau drop off dengan didominasi gua-gua yang menggantung. Beberapa satwa laut yang akan sering kamu jumpai adalah kelinci laut, penyu, sea fan besar, serta ikan-ikan yang hidup berkoloni.

Selain itu ada pula biota bentos seperti teripang dan bintang laut, termasuk schooling ikan. Ini misalnya Longnose Butterflyfish, Pyramid Butterfly Fish, Wrasse, spesies Fusilier yang termasuk dalam Bluestreak Fusilier dan Pterocaesio tile. Kawasan pantai timur ini juga menjadi habitat aneka jenis Sponge laut.

Salah satu tujuan wisata bahari serta selam yang kian naik daun adalah Pantai Pinang yang terlihat eksotis karena dikelilingi dinding-dinding tebing. Saat tiba di lokasi para wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih sepanjang hingga 2 km.

Dari permukaan kamu akan dapat menyaksikan warna lautan dengan gradasi hijau kebiruan yang pasti membangkitkan hasrat untuk segera menyelam. Konon kecantikan panorama laut pada spot diving Selayar di Pantai Pinang ini tidak kalah dengan Taka Bonerate yang lebih terkenal.

Momen istimewa yang paling ditunggu para diver di tempat ini adalah saat bertemu dengan penyu biru. Ini karena satwa laut yang eksotis ini mulai langka keberadaannya di alam karena kerap diburu dengan aktivitas penangkapan ilegal.

Penyu biru adalah hewan yang tidak takut berhadapan dengan manusia sehingga banyak dimanfaatkan untuk berfoto oleh wisatawan. Meski cukup ramah namun pastikan kamu jangan sampai membuat hewan ini merasa terganggu.

Saat bertualang di Pantai Pinang, sebagaimana lokasi wisata bahari lainnya di Pulau Selayar, pengunjung selalu dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Agar kelestarian lingkungan tetap terjaga pastikan kamu berbekal kantong untuk menyimpan sampah hingga menemukan tempat sampah yang disediakan pengelola.

Taman Nasional Taka Bonerate  

Taman Nasional Taka Bonerate populer dengan atraksi wisata diving Selayar Island pada spot-spot penyelaman:

  • Belang-belang
  • Tinanja
  • Rajuni
  • Latondu
  • Tinabo Slope (Pulau Tinabo)

Taman Nasional ini merupakan salah satu atol paling besar di dunia. Atol adalah terumbu-terumbu karang yang terbentuk melingkar seperti cincin dengan sebuah laguna pada bagian tengahnya.

Terumbu karang tersebut menjadi rumah untuk beragam jenis ikan koral, termasuk kuda laut pygmy yang mungil. Pada beberapa titik diving di tempat ini kamu bahkan tidak membutuhkan sertifikat menyelam untuk dapat menikmati keindahannya.

Cukup dengan mengambil paket snorkeling di Pulau Selayar pada vendor-vendor terpercaya kamu sudah dapat menjajal cantiknya panorama bawah laut Taka Bonerate.

Pulau Tinabo sering menjadi rujukan para diver untuk memuaskan hobinya untuk bercengkrama dengan lautan. Tempat ini menyimpan berbagai spot diving yang sangat indah dan wajib dicoba. Ini misalnya The River Spot yang menawarkan topografi dasar laut yang miring atau Reef Edge.

Spot yang juga banyak difavoritkan adalah Jonato Wall Paradise yang menyediakan beraneka jenis satwa laut yang luar biasa. Untuk dapat menemukannya paling tidak kamu harus menyelam pada kedalaman mulai 5 meter sampai 20 meter. Sementara pada perairan dangkalnya kamu akan menemukan serombongan bayi ikan hiu berjenis Black Tip.

Keistimewaan hiu Black Tip adalah sangat jinak dan tidak mudah terprovokasi untuk menyerang dan menggigit. Meski begitu diver tetap diharuskan untuk berhati-hati dan menjaga jarak agar satwa eksotis tersebut tidak stres atau terganggu dengan kehadiran manusia.

Kalau sudah puas menjelajahi dunia bawah lautnya jangan lewatkan untuk mengikuti wisata jelajah pulau alias Island hopping. Jika berkesempatan mengunjungi lokasi diving Indonesia timur ini jangan lewatkan menyambangi pulau-pulau indahnya yang sangat indah. Makanya Visit Indonesia, agar banyak mengetahui keindahan Ibu Pertiwi.

Beberapa objek wisata air lain di kawasan Selayar yang juga dapat menjadi referensi adalah Baloiya yang mengingatkan kita akan Tanah Lot, Bali. Baloiya juga memiliki deretan terumbu karang yang menjulang dari perairannya.

Aktivitas wisata favorit di lokasi tersebut adalah menyelam, memancing, atau menikmati sunset yang indah menjelang senja hari.

Di Selayar juga ada Pulau Bahuluang yang sering dijuluki Surga Tersembunyi. Yang menjadi daya tarik lokasi ini adalah keberadaan daratan kecil yang terbentuk secara alami dari patahan-patahan karang yang kemudian terbawa gelombang laut.

Selanjutnya ada Batu Karapu yang konon menyerupai objek wisata Durdle Door di Inggris. Ini karena adanya kemiripan bentuknya berupa keberadaan batu karang besar yang menjorok ke perairan.

Sekilas Tentang Platform Blublub

Untuk dapat menikmati cantiknya panorama bawah laut Pulau Selayar secara optimal kamu perlu menjelajahi spot-spot yang agak ekstrim atau menantang. Sayangnya lokasi-lokasi demikian ini hanya untuk diver pemegang lisensi. Ini karena dibutuhkan keterampilan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan bawah lautnya.

Untuk mendapatkan lisensi menyelam tersebut kamu harus mengikuti program sertifikasi terlebih dahulu, termasuk untuk mencoba scuba diving. Pada platform Blublub kamu dapat menemukan berbagai program sertifikasi untuk mendapatkan lisensi selam.

Marketplace online Blublub hanya mengkhususkan layanannya pada aktivitas wisata bahari, termasuk trip-trip diving dan wisata air yang lain. Ini termasuk liveaboard yang memadukan antara atraksi wisata selam dengan bermalam di kapal.

Blublub memudahkan penghobi selam dan para pelancong pada umumnya untuk terhubung dengan diving center di berbagai destinasi di Tanah Air. Kamu tinggal pilih saja lokasi diving yang kamu idamkan, mulai dari Bali, Lombok, sampai kawasan Indonesia Timur seperti Papua Barat.

Platform Blublub adalah tempat terbaik untuk mencari berita dan artikel terkait aktivitas selam juga promosi khusus dari para vendor mitra.

Keunggulan Platform Blublub   

Tidak perlu ragu memilih Blublub sebagai mitra terbaik kamu baik sebagai diver atau vendor dive center. Inilah keunggulan platform super lengkap ini dibandingkan marketplace online lainnya.

  • Untuk diver
  • Memesan diving trip dan wisata bahari di berbagai spot selam eksklusif jadi semakin gampang dan praktis. Semua dapat dilakukan cukup dengan beberapa kali klik pada gawai atau smartphone
  • Transaksi pada platform ini terjamin keamanan serta kenyamanannya. Ini termasuk himbauan kepada para dive center mitra untuk memastikan dilakukannya protokol kesehatan secara ketat sesuai aturan.

Protokol kesehatan ini diterapkan pada seluruh diving trip, termasuk program untuk mendapatkan sertifikat selam.

  • Untuk memastikan customer mendapatkan layanan yang memuaskan, Blublub hanya bermitra dengan vendor profesional dan telah terverifikasi.
  • Para diver dan pelancong lebih mudah merancang diving trip-nya sendiri sesuai keinginannya.
  • Sekarang kamu dapat mencari layanan wisata bahari selam dengan detail lokasi serta harga, termasuk harga diving di Selayar sesuai isi kantong.
  • Platform Blublub menyediakan fitur E-dive Log yang dapat diakses kapan saja melalui akun Blublub kamu. Setelah aktivitas diving kamu dapat mendokumentasi dive log secara elektronik lalu vendor akan memverifikasinya.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi history diving akan hilang seperti saat pencatatan secara manual di atas kertas.

  • Untuk Vendor
  • Dengan Blublub, vendor dapat memegang kendali atas usahanya dengan dasbor yang memuat laporan perkembangan bisnis tersebut.
  • Bagi mitra dive center platform canggih ini memungkinkan eksposur marketing agar vendor kamu semakin populer.

Sudah tidak sabar untuk mencoba diving di Pulau Selayar? Pastikan hanya memilih Blublub sebagai mitra terbaik diving trip kamu!

Baca Juga : 4 Tips Tepat Memilih Layanan Sewa Bus Pariwisata Di Jakarta

Kesimpulan

Gugusan pulau yang disebut Selayar ini mungkin bukan termasuk objek wisata atau spot selam yang sering kamu dengar. Meskipun pulau selayar belum terkenal layaknya pulau Bali dan yang lainnya, Pulau Selayar akan membuat anda terkagum dengan keindahan alamnya.

Diving dan Snorkeling blublub - Wartawan

Dengan letak geografis Pulau Selayar yang membentang dari utara ke selatan. Jadi saat musim barat aktivitas diving bisa kamu lakukan di pantai timur Selayar. Sebaliknya, saat musim timur berlangsung kamu tetap dapat menyelam di kawasan pantai barat. Perlu kamu ketahui jika suhu air bisa menurun drastis pada titik selam tersebut pada bulan-bulan Juni hingga September. Jika ingin menyelam Blublub sarankan untuk mengenakan baju diving dengan ketebalan paling tidak 5 mm.

Dive Indonesia, Live aboard, Dive Trips, lob, Dive Centers, Dive license

 

LOKASI PT. BIRU INDAH UTAMA

MTH Square Lt. UG 11A/02, Jalan MT Haryono Kav. 10, Kel. Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara,

Kota Adm. Jakarta Timur, Prop. DKI Jakarta

T : +62811869293

E : [email protected]

 

Google Maps 

 

Bagaimanakah sebenarnya spot diving Pulau Selayar itu?

Gugusan pulau yang disebut Selayar ini mungkin bukan termasuk objek wisata atau spot selam yang sering kamu dengar. Namun percayalah saat pertama kali menginjakkan kaki di bagian paling selatan, Provinsi Sulawesi Selatan ini kamu akan berdecak kagum. Di sinilah orang mendapatkan gambaran pantai tropis nan eksotis yang sesungguhnya dengan pemandangan alam pesisirnya yang mempesona. Pasir putih yang lembut, perairan yang jernih kebiruan, jejeran pohon nyiur, dan angin sepoi yang bertiup sejuk.

Apakah yang menjadi keunggulan Pulau Selayar?

Salah satu keunggulan Pulau Selayar sebagai lokasi diving dibandingkan titik selam lain di Tanah Air adalah dapat digunakan sepanjang tahun. Ini karena letak geografisnya yang membentang dari utara ke selatan. Jadi saat musim barat aktivitas diving bisa kamu lakukan di pantai timur Selayar. Sebaliknya, saat musim timur berlangsung kamu tetap dapat menyelam di kawasan pantai barat. Nah, inilah keunikan alam di objek wisata selam ini. Perlu kamu ketahui jika suhu air bisa menurun drastis pada titik selam tersebut pada bulan-bulan Juni hingga September. Jika ingin menyelam Blublub sarankan untuk mengenakan baju diving dengan ketebalan paling tidak 5 mm.

Apakah keunggulan yang dimiliki platform Blublub ini?

Untuk Diver : - Memesan diving trip dan wisata bahari di berbagai spot selam eksklusif jadi semakin gampang dan praktis. Cukup dengan beberapa kali klik pada gawai atau smartphone kamu. - Transaksi pada platform ini terjamin keamanan serta kenyamanannya. - Protokol kesehatan ini diterapkan pada seluruh diving trip, termasuk program untuk mendapatkan sertifikat selam. - Untuk memastikan customer mendapatkan layanan yang memuaskan, Blublub hanya bermitra dengan vendor profesional dan telah terverifikasi. - Para diver dan pelancong lebih mudah merancang diving trip-nya sendiri sesuai keinginannya. - Sekarang kamu dapat mencari layanan wisata bahari selam dengan detail lokasi serta harga, termasuk harga diving di Selayar sesuai isi kantong. - Platform Blublub menyediakan fitur E-dive Log yang dapat diakses kapan saja melalui akun Blublub kamu. Setelah aktivitas diving kamu dapat mendokumentasi dive log secara elektronik lalu vendor akan memverifikasinya. Untuk Vendor - Dengan Blublub, vendor dapat memegang kendali atas usahanya dengan dasbor yang memuat laporan perkembangan bisnis tersebut. - Bagi mitra dive center platform canggih ini memungkinkan eksposur marketing agar vendor kamu semakin populer.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments