Take a fresh look at your lifestyle.

Di Panggung PKB Movie Award, Cak Imin: Ide Pancasila Rumah Kita Terinspirasi Maluku

0 5
Di Panggung PKB Movie Award, Cak Imin: Ide Pancasila Rumah Kita Terinspirasi Maluku

Muhaimin Iskandar

Jakarta – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (cak Imin) mengatakan ide “Pancasila Rumah Kita” sebagai tema festival film pendek PKB Movie Award terinspirasi saat dirinya mengunjungi Maluku beberapa tahun lalu. Ia menceritakan bagaimana Maluku saat itu didera konflik kemanusiaan yang disulut melalui isu pertentangan agama.

“Karena ide gagasan PKB movie award kedua ini yang bertema “Pancasila Rumah Kita” ini terinspirasi ketika saya dan teman-teman berkunjung ke Maluku. Setiap kita ke Maluku, waktu itu pula kita mewawancarai banyak pihak, pelaku-pelaku kekerasan, perpacahan, pembunuhan dan konflik horisontal. Utamanya, isu agama yang akhirnya kita tau bahwa isu itu palsu,” ujar cak Imin saat memberikan sambutan pada Penganugerahan Pemenang PKB Movie Award II di Museum Fatahillah, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Cak Imin mengatakan film merupakan sarana yang tepat untuk sosialisasi Pancasila. Karena itu, kata dia, pihaknya akan terus melanjutkan program PKB Movie sebagai kegiatan rutin pihaknya.

“Maka Pancasila menjadi kemudian tersoasialisasi dengan baik,” ungkapnya.

Cak Imin menyampaikan bahwa dirinya dengan sejumlah sahabat seperjuangan telah sejak awal berkomitmen untuk terus menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Sehingga, kata dia, Indonesia tetap damai dan sejahtera kendati dilatar belakangi masyarakat yang berbeda-beda.

“Jita kita flash back dari jaman perjuangan, di jaman Pak Harto (presiden era Orde Baru, Soeharto), kita sama-sama dengan teman-teman, seperti bang Franky Sahilatua (seniman) dan semuanya waktu itu menginginkan supaya Indonesia berdasar Pancasila yang adem, ayem, damai dan sejahtera,” ucapnya.

“Nah PKB Movie Award ini, saya sangat bangga dan bersyukur, ini pertama kalinya kita melaksanakan di tempat bersejarah ini,” terangnya.

Seperti diketahui, Fraksi PKB DPRRI bersama DPP PKB menggelar Penganugerahan Pemenang PKB Movie Award di Museum Fatahillah, Jakarta, Sabtu (19/8/2017). Tidak hanya cak Imin dan istri, acara tersebut juga dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri didampingi Istri serta para anggota fraksi PKB DPRRI yang diketuai Ida Fauziah.

Di acara tersebut, terpilih tiga film terbaik setelah dilakukan seleksi terhadap 10 film terbaik sebelumnya. Sementara itu, festival film pendek PKB Movie Award tersebut melibatkan sejumlah sineas dari berbagai daerah dengan jumlah pendaftar mencapai 1600 peserta.

TAGS : PKB Muhaimin Iskandar PKB Movie Award

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20405/Di-Panggung-PKB-Movie-Award-Cak-Imin-Ide-Pancasila-Rumah-Kita-Terinspirasi-Maluku/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments