Take a fresh look at your lifestyle.

Dewan Masjid Tak Berwenang Larang Kampanye di Masjid

0 2
Dewan Masjid Tak Berwenang Larang Kampanye di Masjid

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol Syafruddin

Jakarta – Dewan Mesjid Indonesia (DMI) tak memiliki kewenangan untuk melarang kampanye politik di dalam masjid. DMI mengklaim tak mengurusi orang, tetapi hanya mengurusi masjid.

‎Demikian disampaikan Wakil Ketua Komjen Pol Syafruddin, di Kantor Pusat DMI, Jakarta, Jumat (3/8/2018). Seperti diketahui, periode kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2019 semakin dekat.



“DMI hanya mengurusi orang yang beribadah. Kami tidak punya kewenangan melawan atau mengatur,” kata Syafruddin.

Menurut Syafruddin, masjid sangat bersentuhan dengan masalah keumatan. Sebab itu, masjid bukan saja berfungsi sebagai tempat beribadah. “Tidak bisa dipisahkan antara masjid dan umat. Masjid tempat umat beribadah dan beraktivitas,” ucap dia.

Syaruddin menjawab diplomatis saat dikonfirmasi kemungkinan adanya kampanye politik di dalam masjid. Menurut Syafruddin, DMI tidak bisa mengontrol seluruh masjid yang ada di Indonesia karena minim sumber daya manusia.

Yang mengontrol mesjid, kata Syaruddin, adalah pengurus dan takmir. Sebab itu, diharapkan takmir masjid, serta masyarakat dapat mengontrol konten yang disyiarkan di dalam masjid.

“Yang bisa mengontrol (masjid) itu takmir, marbut, pengurus. (Masjid) tidak bisa diurus pemerintah. Masyarakat yang membangun, masyarakat yang mengontrol,” tutur Syafruddin, yang juga menjabat Wakapolri.

Disisi lain, diakui Syafruddin masjid saat ini tak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah. Syafruddin menilai, mesjid saat ini telah ‎menjelma menjadi tempat pemberdayaan ekonomi umat.

“Sangat menggembirakan, memberdayakan ekonomi berbasis masjid,” imbuh dia.‎

Kata Syafruddin, fungsi baru masjid tersebut banyak didorong oleh generasi muda. Syaruddin menyebut pengembangan ekonomi berbasis masjid yang digerakkan generasi muda ini menjadi tren yang menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Itu menjadi bukti bahwa masjid di Tanah Air tak hanya sekadar tempat beribadah bagi umat Islam.

“Masjid tidak lepas dari masalah keumatan. Masjid tempat umat beribadah dan beraktivitas, masjid tempat melakukan sosialisasi, kegiatan ceramah, pengajian, akad nikah, dan sekarang yang lagi tren kaum muda melakukan kegiatan ekonomi berbasis masjid,” ujar Syafruddin.

TAGS : Dewan Masjid Pileg Komjen Pol Syafruddin

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38777/Dewan-Masjid-Tak-Berwenang-Larang-Kampanye-di-Masjid/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments