Take a fresh look at your lifestyle.

Demi Keamanan Warganya, Israel Siap Ambil Langkah Tegas

0 4
Demi Keamanan Warganya, Israel Siap Ambil Langkah Tegas

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Jakarta – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan Israel siap mengambil langkah tegas jika kenyamanan warganya terusik. Hal itu terbukti saat tentara Israel melakukan serangan terhadap warga Palestina yang menggelar demonstrasi damai sehari sebelumnya.

“Saya menghormati tentara Israel yang menjaga perbatasan Israel, sehingga warga Israel bisa merayakan hari raya dengan damai,” ungkap Netanyahu.

Israel akan bersikap tegas untuk melindungi kedaulatannya dan menjaga keamanan warganya,” kata dia, merujuk pada tewasnya 15 warga Palestina dalam demonstrasi memperingati Land Day.

Senada dengan Netanyahu, Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman mengkritik permintaan untuk menyelidiki serangan mematikan itu, mengatakan bahwa pihak-pihak yang ingin mendalami kasus tidak bersikap logis.

“Saya tidak mengerti sekumpulan orang munafik yang meminta diadakannya penyelidikan. Mereka kebingungan dan mengira bahwa Hamas yang mengorganisir Festival Woodstock kemarin dan kita harus memberikan bunga kepada mereka,” dia bercuit di Twitter.

Menurut dia, pendemo Palestina itu adalah “anggota Hamas” dan tentara Israel “mencegah” aktivitas terlibat dengan sayap militer Hamas.

Pendapat Netanyahu dan Lieberman tersebut tidak didukung oleh banyak komunitas internasional dan sejumlah pejabat pemerintahan telah menyuarakan keprihatinannya terhadap serangan tersebut, termasuk Jerman, Irak, dan Inggris.

Netanyahu juga mendapat perlawanan dari dalam negeri. Tamar Zandberg dari partai sayap kiri Meretz menuntut diadakannya investigasi terkait peristiwa tersebut  dan mengatakan warga Palestina merupakan sasaran dalam demonstrasi.

Setidaknya 15 warga Gaza tewas dan ratusan lainnya terluka pada Sabtu ketika pasukan Israel menembaki demonstran saat menggelar Land Day.

Land Day adalah peringatan tahunan Palestina untuk mengenang tewasnya enam warga Arab Israel yang dibunuh pasukan Israel pada 1976 ketika mendemo penyitaan tanah  di Israel Utara.

Sebanyak 49 orang lainnya terluka pada Sabtu akibat tembakan Israel saat warga Palestina berkumpul dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza.

Aksi protes pada Jumat merupakan awal dari aksi enam minggu yang puncaknya berlangsung pada 15 Mei, hari yang disebut warga Palestina sebagai “Nakba” atau “Bencana” yakni ketika Israel berdiri.

Demonstran menuntut agar pengungsi Palestina mendapat hak kembali ke kota dan desa asalnya ketika mereka terusir pada 1948 silam akibat didirikannya Israel. (AA)

TAGS : Israel Gaza Palestina Netanyahu

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31588/Demi-Keamanan-Warganya-Israel-Siap-Ambil-Langkah-Tegas/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments