Take a fresh look at your lifestyle.

Dana Haji Biayai Infrastruktur Langgar UU

0 4
Dana Haji Biayai Infrastruktur Langgar UU

Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher Parason

Jakarta – Wacana Pemerintah memakai dana haji untuk pembangunan infrastruktur bertentangan dengan Undang-Undang (UU) 34 Tahun 2014 tentang Badan Pengelolaan Keuangan Haji.

Demikian disampaikan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong, dalam sebuah diskusi, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/8). Menurutnya, dalam UU tersebut sudah tegas dan jelas mengatakan bahwa dana penggunaan haji ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan .

“Pertama adalah azasnya, azasnya di pasal 2 mengatakan prinsip pengelolaan haji itu adalah berazaskan syariah, yang kedua prinsip kehati-hatian, yang ke tiga manfaat, yang keempat nirlaba, yang kelima transparan, yang ke enam adalah akuntable,” kata Taher.

Kemudian, lanjut Taher, dalam pasal 3 mengatakan bahwa pengelolaan keuangan haji bertujuan tiga hal, pertama peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

“Kemudian yang kedua rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH, ketiga adalah manfaat bagi kemaslahatan umat Islam,” terang politikus PAN itu.

Dalam persfektif itu, kata Taher, maka aspek legalitasnya sudah jelas, bahwa ini ada hanya untuk diperuntukan bagi jamaah haji dan juga kepentingan umat Islam.

“Mari kita lihat di pasal 26 karena ini bicara undang-undang, untuk melaksanakan tugas dan fungsi BPIH, maka mengelola keuangan haji secara transparan dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kepentingan jamaah haji, kemaslahatan umat Islam,” tegasnya.

TAGS : Dana Haji Biayai Infrastruktur Presiden Jokowi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19577/Dana-Haji-Biayai-Infrastruktur-Langgar-UU/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments