Take a fresh look at your lifestyle.

China dan Iran Pastikan Jaga Kesepakatan Nuklir Bersama

0 3
China dan Iran Pastikan Jaga Kesepakatan Nuklir Bersama

Pihak Iran dan China perkuat kerjasama jaga kesepakatan Nuklir (foto: Xinhua)

Jakarta – Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Beijing pada Minggu (13/05).

Wang mengatakan bahwa China sangat mementingkan persahabatan tradisional dengan Iran, serta kemitraan strategis yang komprehensif antara kedua negara.

China menganggap Iran sebagai mitra penting dalam pembangunan Belt and Road, Wang mencatat bahwa China bersedia bekerja dengan Iran untuk menerapkan konsensus yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara untuk mempromosikan berbagai kerjasama.

Wang juga mengatakan China dengan tegas melindungi multilateralisme dan perjanjian internasional.

“Kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), sangat sulit diperoleh dan kesepakatan itu membantu menjaga sistem internasional non-proliferasi dan menjaga perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah,” kata Wang dilansir Xinhua.

“Sebagai pihak yang penting, Tiongkok membuat banyak pekerjaan dalam proses menjangkau dan mengimplementasikan JCPOA,” tambahnya.

China akan mengambil sikap obyektif, adil dan bertanggung jawab, menjaga komunikasi dan kerja sama dengan semua pihak yang terkait, dan terus bekerja untuk mempertahankan kesepakatan,” lanjutnya.

Sementara dari pihak Iran, Zarif mengatakan Iran sangat mementingkan hubungan persahabatan dengan China dan bersedia untuk bekerja sama dengan China dalam infrastruktur.

Menteri luar negeri Iran sangat memuji sikap China dalam mempertahankan JCPOA dan menekankan Iran bersedia untuk menjaga komunikasi dan kerjasama dengan pihak-pihak yang masih mendukung kesepakatan itu.

Zarif mengatakan itu adalah tanggung jawab dan kewajiban semua pihak untuk memastikan bahwa JCPOA harus dilaksanakan secara berkelanjutan, komprehensif dan efektif, dan Iran bersedia untuk melakukan usahanya sendiri.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

TAGS : Kesepakatan Nuklir China Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34340/China-dan-Iran-Pastikan-Jaga-Kesepakatan-Nuklir-Bersama/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments