Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Pemerkosaan, India Kerahkan Ratusan Polisi Wanita ke Jalan

0 5
Cegah Pemerkosaan, India Kerahkan Ratusan Polisi Wanita ke Jalan

Polisi india (Foto: The Guardian)

Jakarta – Pasukan kepolisian Delhi telah membuat regu motor polisi wanita dalam upaya mengatasi kejahatan yang meningkat terhadap perempuan seperti pemerkosaan, terutama di gang sempit kota.

Regu patroli, yang dinamai Raftaar (Kecepatan, Red), akan mengerahkan perwira wanita terlatih dengan 600 sepeda motor dari Desember mendatang. Mereka akan membawa senjata api biasa, kamera tubuh, semprotan merica dan pistol setrum serta berpasangan berpatroli di daerah padat kota.

Diharapkan kehadiran mereka akan mencegah pelanggaran dan meyakinkan wanita, yang memimpin demonstrasi menentang serangan seksual lima tahun lalu setelah terjadi pemerkosaan geng yang brutal di Delhi. Penelitian yang dirilis awal bulan ini menemukan bahwa wanita yang melaporkan kejahatan tersebut masih secara rutin dilecehkan oleh polisi laki-laki, sehingga takut untuk melapor.

“Pasukan sepeda motor, dengan peralatan hi-tech, akan meningkatkan visibilitas di jalanan dan meyakinkan wanita,” kata Dependra Pathak, juru bicara utama untuk polisi Delhi. “Karena mereka akan menempuh jalur sempit dan memiliki GPS, mereka akan memiliki waktu respon lebih cepat daripada van patroli. Rencananya adalah mereka kebanyakan digunakan di daerah-daerah seperti area universitas dimana banyak siswa perempuan.”

Dilansir The Guardian, pada 2016, lebih dari 2.150 pemerkosaan tercatat di Delhi – meningkat 67% dari tahun 2012, menurut data polisi. Mneurut penelitian Thomson Reuters Foundation pada Oktober lalu menemukan bahwa Delhi dan São Paulo di Brazil, adalah kota terburuk di dunia untuk kekerasan seksual terhadap perempuan.

Kebijakan ini dinilai sangat baik demi memberikan perlindungan terhadap kaum wanita dari serangan kejahatan. Menurut Ravi Kant, presiden kelompok hak asasi perempuan Shakti Vahini, mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan reaksi bagus, namun perlu tindakan yang lebih bagus dalam penanganan hukum yang membuat para pelaku jera.

“Kejahatan meningkat karena penegakan hukum yang buruk. Penjahat tahu mereka bisa lolos begitu saja karena penyelidikan polisi sangat buruk sehingga hampir tidak ada orang yang dihukum di pengadilan. Kami butuh rencana menyeluruh, bukan reaksi semacam ini, “katanya.

Pengadilan tinggi Delhi telah memerintahkan kepolisian kota tersebut untuk mengembangkan strategi untuk menangani kejahatan terhadap perempuan, setelah kegagalan berulang untuk mencegah kasus tahun ke tahun. Hakim telah mengarahkan komisaris polisi untuk berada di pengadilan pada 11 Desember untuk mempresentasikan rencananya secara penuh.

TAGS : India Kekerasan Seksual Politik Internasional

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25163/Cegah-Pemerkosaan-India-Kerahkan-Ratusan-Polisi-Wanita-ke-Jalan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments