Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Cepat Mengecilkan Perut Yang Aman

0 0

Fenomena perut buncit sangat mudah dijumpai di sekitar kita, dan kebanyakan dialami oleh para wanita. Penampakan perut yang tidak normal sangat mengganggu penampilan. Itulah sebabnya Anda butuh cara mengecilkan perut yang efektif.
Kebanyakan tragedi “visceral obesity” atau kegemukan di daerah abdominal (termasuk perut) disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dan karena rasa malas, tidak sedikit wanita yang menjalankan diet ekstrim dan berbahaya.
Padahal menurut data yang diambil dari The Global Burden of Disease Study, sekitar 30% kematian disebabkan diet yang tak sehat. Inilah mengapa berbagai teknik mengecilkan perut yang aman berikut harus Anda praktekkan.

Resiko Peningkatan Lemak Viseral Pada Tubuh

Perlu diketahui, lemak perut sering juga disebut dengan lemak viseral (visceral fat). Menurut situs NCBI, jaringan adiposa yang berkaitan dengan lemak viseral memang berfungsi sebagai “bantalan” pelindung tubuh serta organ dalam.
Jaringan adiposa diketahui sebagai sarana penyimpanan energi pada tubuh serta media pensinyalan endokrinologis. Namun seiring bertambahnya umur, jaringan adiposa ini semakin banyak. Tak heran para wanita tua memiliki jaringan adiposa yang lunak ini lebih banyak dari para remaja wanita (Am J Hum Biol, 2000).

Menurut situs Coronary Artery Disease in Asian Indians (CADI), setiap penambahan 10 cm lingkar pinggang meningkatkan resiko kematian hingga 25% pada wanita. Selain itu kondisi ini juga bisa menyebabkan penyakit diabetes jika tidak segera ditangani lebih lanjut.
Sedangkan menurut situs penelitian Harvard, wanita yang punya lingkar pinggang besar memiliki resiko kematian karena terjangkit kanker. Peningkatan resiko selaras dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang mereka.
Tak hanya itu, sekitar 75% pasien yang dirawat di rumah sakit dan mengidap asma kebanyakan adalah para wanita dengan obesitas (Thomson, Carey C., 2003). Wanita yang mengalami abdominal obesity juga beresiko terkena penyakit Alzheimer (Razay, 2006).

Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Pinggang yang Benar?

Mengukur lingkar pinggang tak selamanya dikaitkan dengan fashion saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Lalu, bagaimana cara mengukur lingkar pinggang yang benar?

  1. Ketika akan mengukur lingkar pinggang (waist circumference / WC), usahakan biarkan perut kosong untuk beberapa jam.
  2. Setelah itu singkirkan semua kain yang menutupi area perut dan pinggang.
  3. Rentangkan meteran melingkari bagian atas tulang pinggul serta bagian bawah tulang rusuk.
  4. Jangan berusaha untuk menahan nafas untuk mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang normal.
  5. Selain itu jangan terlalu ketat memegang pita meteran agar didapatkan angka yang valid.

Jika Anda kurang yakin dengan proses pengukuran tersebut, Anda bisa mencatat lingkar pinggang sekitar 2-3 kali hingga didapat hasil yang konsisten. Dan dari proses pengukuran tersebut, jika hasil pengukuran seperti di bawah ini berarti waist circumference normal :

  • Lingkar pinggang < 102 cm (pria)
  • Lingkar pinggang < 89 cm (wanita) > berdasarkan situs cdc.gov

 Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit yang Aman

Cara Cepat Mengecilkan - Wartawan Id

Pada dasarnya lemak viseral terletak di bagian dalam perut dan berada di sela-sela organ dalam yang ada di sana. Lemak jenis ini berada di antara lipatan usus pada perut, sehingga tidak bisa dirasakan dari luar pinggang.
Namun begitu adanya lemak viseral yang terlalu menumpuk mengakibatkan perut menjadi buncit. Bahkan penumpukan lemak viseral yang berlebihan bisa menimbulkan rasa rendah diri (www.ncbi.nlm.nih.gov).
Dan jika Anda merasa perlu mengecilkan lingkar pinggang, berbagai cara aman berikut ini sangat kami sarankan pada Anda :

1. Aktif Bergerak Setiap Hari

Cara yang bisa Anda gunakan untuk mereduksi lemak viseral pada perut adalah dengan aktif bergerak setiap hari. Penelitian yang dilakukan Ross et al (2000) pada sekelompok pria, hasilnya adalah terjadi penurunan berat badan hingga 7,5 kilogram dalam 3 bulan. Syaratnya adalah aktif bergerak selama 1 jam per hari.
Hasil tersebut bahkan dinilai lebih efektif daripada rekomendasi tingkat nasional yang menyarankan durasi gerak 150 menit per hari. Namun begitu Institute of Medicine of the National Academies menyarankan untuk berkegiatan seperti biasa selama 30 menit cukup untuk melunturkan lemak viseral.

Bagi sebagian orang, obsesi untuk mengecilkan perut serta pinggang berubah menjadi langkah kejam bagi tubuh : memaksakan diri berolahraga lebih keras. Hal ini menyebabkan inflamasi di beberapa bagian tubuh dengan anggapan lebih banyak berlatih maka lebih banyak kalori terbakar.
Padahal semakin Anda keras berolahraga dan memaksakan otot untuk bergerak, semakin tinggi tingkat inkonsistensi Anda dalam mengolah tubuh tiap harinya. Yang perlu dipahami adalah, lebih baik bergerak dalam ritme yang konsisten daripada melakukan olahraga terlalu keras namun hasilnya tidak menentu.

2. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan jika Anda ingin garis pinggang yang tipis dan ideal tanpa lemak. Akan lebih baik jika Anda hanya mengonsumsi makanan dengan level karbohidrat yang rendah.
Metode ini bisa juga disebut dengan diet ketogenik, yaitu jenis diet yang memperbolehkan para pelakunya untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat. Atau sama sekali menghilangkan karbohidrat dalam pola konsumsi.
Diet ketogenik bisa mendorong tubuh untuk mengalami fase metabolik yang disebut dengan ketosis (John M. Freeman, 2007). Jadi kebutuhan energi pada tubuh yang semula disediakan oleh karbohidrat diganti dengan lemak viseral. Hal ini menyebabkan lemak yang ada pada bagian abdominal terserap oleh tubuh.
Menurut Kris Gunnars, B.Sc., telur, daging sapi dan kambing penuh protein dan nutrisi namun punya kandungan karbohidrat yang mendekati nol (bahkan nol). Daging kambing, ikan salmon, dan ikan sarden juga sangat baik untuk diet keto karena punya kandungan zero karbohidrat.

3. Batasi Asupan Gula

Gula diketahui menjadi sumber penyakit diabetes serta overweight. Gula pun sebenarnya bukan jenis bahan makanan yang menyehatkan, karena tidak mengandung protein serta mineral. Bahkan orang yang sering mengonsumsi gula rata-rata memiliki lemak viseral dalam jumlah banyak (Kimber et al, 2009).
Ada kaitan tertentu antara hati, gula, dan fruktosa pada tubuh. Gula pastinya mengandung sekitar 50% fruktosa, dan senyawa tersebut akan diolah oleh hati atau liver. Jika kandungan fruktosa yang diolah tersebut terlalu banyak, senyawa itu akan diubah oleh hati menjadi lemak viseral.

Sehingga mengurangi atau memotong sama sekali konsumsi gula buatan akan efektif untuk menghilangkan lemak viseral pada perut serta pinggang. Menurut Jean-Marc Schwarz et al (2017), mengganti fruktosa dengan pati akan mengurangi lemak viseral sebesar 10,6% dalam waktu 10 hari.
Hal ini cukup efektif untuk getting rid lemak visceral karena pati memiliki jumlah kalori yang kurang lebih sama dengan fruktosa dalam takaran tertentu. Anda juga bisa mengganti kebutuhan gula dengan asupan buah dan sayuran dalam proses konsumsi sehari-hari.

4. Minum Air dalam Jumlah Banyak

Minum Air dalam Jumlah Banyak - Wartawan Id

Minum air putih menjadi salah satu saran yang paling sering disodorkan jika berkaitan dengan proses penurunan berat badan atau diet. Selain karena air putih adalah jenis cairan yang sangat dibutuhkan tubuh, ternyata minum air bisa bermanfaat untuk menghilangkan lemak.
Ketika Anda makan, proses distribusi kandungan yang masuk ke tubuh Anda dilakukan oleh air. Sehingga jika Anda banyak minum air, maka hal ini bisa mengurangi lemak viseral dan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Selain itu nutrisi yang masuk ke dalam perut juga akan tersebar lebih merata.

Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat ini memang banyak dilakukan oleh orang-orang. Berdasarkan pernyataan Kris Gunnars, B.Sc., ahli kesehatan menyarankan konsumsi 8 gelas atau 2 liter air per hari. Namun begitu kebutuhan individu setiap orang berbeda, dan Anda harus melakukan penyesuaian.
Selain itu jangan menunda konsumsi harian air putih (menunggu jika kehausan). Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air dalam jangka waktu yang teratur, sehingga tubuh tidak perlu merasakan dehidrasi. Bahkan kondisi dehidrasi yang berlebihan bisa membuat seseorang merasa lemas dan tak berdaya.

5. Lakukan Berbagai Jenis Olahraga

olahraga - Wartawan Id

Melakukan exercising atau olahraga adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit wanita maupun pria yang punya lemak viseral tinggi. Jenis olahraga yang sangat direkomendasikan adalah zumba, yoga, dan cycling (bersepeda). Ketiga jenis olahraga tersebut sangat berdampak pada lemak viseral tubuh.
Mengutip pernyataan Bharat Thakur di situs Gulf News, yoga bisa diandalkan sebagai metode pembakaran lemak viseral. Berbagai teknik yang digunakan di antaranya Trikonasana, Sancalanasana, Purvottanasana, dll. Bahkan jika Anda berlatih selama 90 menit, lingkar pinggang bisa berkurang sebanyak 3 cm lebih.

Menurut penelitian yang dilakukan Journal of Obesity, zumba memiliki kemampuan untuk membakar lemak perut yang bahkan tak bisa dilakukan dengan latihan kardio. Hal ini dikarenakan zumba termasuk jenis olahraga yang digolongkan dalam latihan interval dengan kecepatan sedang.
Sedangkan bersepeda juga bisa mengurangi lemak viseral, terlebih menggunakan aturan 80% – 20%. Menggunakan metode ini, seseorang menggunakan 80% waktu mereka bersepeda dengan intensitas rendah, sedangkan 20% lainnya untuk intensitas sedang-tinggi (Selene Yeager, Bicycling.com).

Metode Bakar Lemak Viseral Teraman untuk Ibu Menyusui

Ketika seorang ibu baru saja melahirkan dan masuk masa menyusui, ada kegelisahan tertentu karena perut mereka belum bisa kembali seperti semula. Berbagai cara yang kami berikan di atas tentu saja tidak semuanya bisa diterapkan untuk post pregnancy moms.

Berikut ini metode mengecilkan perut buncit bagi wanita yang baru saja melahirkan :

  1. Menyusui : ibu menyusui lebih dari 3 bulan memiliki lemak viseral 40% lebih sedikit dari ibu yang tak pernah menyusui (Candace et al, 2011).
  2. Diet sehat : dengan cara makan porsi kecil dengan intensitas yang cukup sering. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ketika menyusui dan mengurus bayi.

Memang tak ada jalan pintas agar perut seorang ibu kembali normal secara langsung setelah melahirkan. Namun dengan kedua cara tersebut, lingkar perut bisa lebih dikontrol dan lemak viseral post pregnancy bisa dihilangkan.

Kesimpulan

Bukan hal mudah jika Anda terlanjur memiliki lemak viseral yang cukup mengganggu di bagian perut dan pinggang. Bahkan jika dibiarkan menumpuk terlalu lama, lemak bisa berubah menjadi penyakit yang cukup fatal.
Kami telah memberikan saran terkait cara mengecilkan perut bagi wanita, pria, serta wanita yang baru saja melahirkan. Semoga dengan cara-cara aman yang kami berikan Anda bisa mendapatkan postur tubuh ideal tanpa lemak viseral. Selamat mempraktekkan!

Baca Juga : 8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

Bagaimana Cara Mengukur Lingkar Pinggang yang Benar?

1. Ketika akan mengukur lingkar pinggang (waist circumference / WC), usahakan biarkan perut kosong untuk beberapa jam. 2. Setelah itu singkirkan semua kain yang menutupi area perut dan pinggang. 3. Rentangkan meteran melingkari bagian atas tulang pinggul serta bagian bawah tulang rusuk. 4. Jangan berusaha untuk menahan nafas untuk mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang normal. 5. Selain itu jangan terlalu ketat memegang pita meteran agar didapatkan angka yang valid.

Bagaimana Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit yang Aman

1. Aktif Bergerak setiap Hari 2. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat 3. Batasi Asupan Gula 4. Minum Air dalam Jumlah Banyak 5. Lakukan Berbagai Jenis Olahraga

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments