Take a fresh look at your lifestyle.

Begini Cara Bikin Website Sendiri Bagi Pemula, Yuk Simak!

0 0

Banyak orang yang mencari cara bikin website sendiri secara gratis. Salah satunya mungkin anda yang sedang berada pada halaman yang tepat. Kenapa? Karena pada artikel ini akan disajikan bagaimana cara yang tepat untuk membuat website bagi para pemula yang ingin bergerak aktif menggunakan link website tertentu.

Website merupakan suatu layanan atau wadah yang cukup efektif untuk meningkatkan reputasi. Selain itu, personal branding suatu bisnis yang sedang dibangun juga dapat ditingkatkan menggunakan jejaring website.

Ditinjau lebih jauh lagi bahwa website yaitu kumpulan halaman website yang dapat diakses oleh khalayak ramai yang menggunakan internet serta saling terkait dengan satu nama domain.  Secara umum, website dapat diakses menggunakan www atau World Wide Web.

Pertama kalinya website dibentuk tahun 1990  (Tim Berners Lee) oleh fisikawan asal Inggris. Kemudian, tiga tahun kemudian setiap pengguna dapat mengakses menggunakan www secara gratis, mudah dan cepat.

Website juga menjadi sangat penting karena  hampir 56 persen pengguna apabila tidak memiliki website dikatakan sebagai akun yang tidak kompeten. Cara bikin website sendiri bisa menjadi langkah awal agar pelanggan semakin bertambah dari hari ke hari. Simak yuk caranya!

Cara Bikin Website Sendiri

1. Memilih Jenis Website

Langkah awal yang harus kamu pahami dengan baik, apabila kamu menggunakan cara bikin website sendiri adalah dengan memilih jenis website mana yang akan dibuat. Banyak sekali jenis website yang berseliweran di dunia internet yakni website toko online, Perusahaan, Pemerintahan, Blog, website pribadi dan sebagainya.

Namun, hampir semua familiar oleh jenis-jenis website tersebut terutama bagi kalangan pebisnis. Misalnya saja bila menggunakan website untuk berjualan, pemula dapat memilih jenis toko online.   Pada sosial media sekalipun sudah ada tersedia toko jualan pada media sosial. Terlebih saat ini semua generasi memasuki era media sosial secara menyeluruh. Banyak yang menggunakannya untuk menjual produk atau jasa. Pilih saja jenis web yang akan dibuat sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kamu.

2. Gunakan Nama Domain yang Sesuai

Cara bikin website sendiri  dapat dilakukan dengan memilih domain yang sesuai agar dapat mudah dideteksi oleh search engine yang tersedia pada laptop atau gadget.  Cara mengaksesnya tidak hanya dalam satu mesin pencarian saja, kamu dapat menggunakan web browser, mozilla, chrome dan sebagainya.

Sebagai pertimbangan,  kamu dapat memilih nama domain yang mengusung merek sesuai dengan produk yang dijualnya. Pentingnya domain dalam sebuah website adalah :

  • Identitas online sebuah website
  • Terbentuknya personal branding yang unik, mudah diingat dan berbeda dengan yang lainnya
  • Dapat difungsikan sebagai email yang profesional
  • Terbangunnya brand awareness pada bisnis yang sedang anda kelola

3. Daftarkan Nama Domain

Setelah menentukan nama domain yang tepat, temukan layanan pendaftaran yang memungkinkan pemula untuk mendaftarkan nama domain yang telah dipilih. Pastikan domain tersebut mudah di ingat dan tidak mengandung kalimat yang sulit.

4. Pilih Tema Pada Website

cara bikin website sendiri - WartawanPhoto by Anete Lūsiņa on Unsplash

Tahukah kamu bahwa cara bikin website sendiri tidak sulit. Perhatikan tentang pemilihan tema yang akan digunakan. Sesuaikan dengan tampilan dan fungsional dari situs web yang digunakan sebagai akses untuk mendukung keberlangsungan bisnis.

Pengguna tidak harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan tema yang terbaik. Banyak kok tema gratis yang dapat diakses secara mudah dan cepat. Usahakan tidak terlalu mentereng supaya pengunjung tertarik untuk selalu berada di website yang kamu jalankan. Kemudian aktifkan website agar dapat dijalankan.

5. Siapkan Navigasi

Setelah website aktif dan menggunakan tema yang sesuai dengan keinginan, Buat navigasi khusus pada website supaya pengunjung menjadi lebih mudah mengakses dan mengunjungi bagian terpenting dari isi website. Gunakan dua atau tiga pilihan warna menarik supaya dapat mengalihkan pengunjung dari yang lebih penting.

6. Penuhi Website dengan Konten

Wah, jika sudah ditahap sejauh ini, itu artinya cara bikin website sendiri terbukti efektif. Mulai pikirkan konten yang sesuai dengan apa yang diminati pengunjung. Beragam konten dapat ditambahkan asalkan sesuai dengan produk yang dipasarkan.

 7. Identitas Mengenai Brand

cara bikin website sendiri - WartawanPhoto by The Organic Crave Company on Unsplash

Jika pemula menggunakan cara bikin website sendiri untuk tujuan bisnis, maka dibutuhkan identitas mengenai brand secara kuat agar mampu menarik pengunjung. Padukan beragam desain, pemilihan tone warna, font yang dipilih dan layout yang menguatkan brand dari sebuah bisnis.

Apa itu brand? Yakni suatu asosiasi menyeluruh mengenai produk atau nama tertentu. Tidak hanya identik dengan simbol, logo atau nama instansi saja. Bahkan lebih dari sekedar merek yang membedakan dengan kompetitor.

8. Gunakan Platform yang Tepat

Nah, apabila kamu ingin website lebih berkualitas dengan segala fitur-fiturnya, gunakan platform yang tepat yaitu Zyro.com. Sebuah platform rekomendasi yang dapat menjadi cara bikin website sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan.

Zyro.com merupakan website builder yang memberikan penawaran pembuatan website secara praktis dan pastinya jauh lebih murah dari builder lainnya. Untuk dapat menggunakannya tidak diperlukan keahlian coding khusus karena telah dilengkapi dengan sistem khusus yang canggih sehingga tinggal online kan saja tanpa ribet.

Platform tersebut telah dilengkapi ratusan template menarik yang dirancang desainer profesional seperti sistem drag and drop atau editor praktis (grid) agar layout jauh lebih rapi. Terdapat pula Tool Al yang dapat membawa website kamu ke skala global. Kamu dapat dengan mudah menulis konten, mencari berbagai gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Langsung saja kunjungi Zyro.com dan ikuti cara bikin website sendiri secara mudah, cepat dan murah. Segera onlinekan website dengan template yang menarik sekarang juga. Jadikan website jadi lebih profesional bersama zyro.com.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments