Take a fresh look at your lifestyle.

15 Cara Agar Pelanggan Loyal

0 19

Cara Agar Pelanggan Loyal – Pelanggan atau konsumen adalah salah satu hal penting yang dimiliki sebuah bisnis. Membuat pelanggan menjadi loyal kepada anda dan ingin kembali lagi untuk membeli produk anda akan lebih sulit dibanding menemukan pelanggan untuk membeli produk pertama kali. Memiliki pelanggan yang loyal bukan hanya membantu anda mendapatkan angka pendapatan tetap dengan jangka waktu yang panjang, tapi juga mampu menekan biaya promosi atau pemasaran bisnis.

Untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka loyal terhadap bisnis anda, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah membuat produk dengan kualitas yang baik, serta terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produk tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kebutuhan mereka untuk membuat inovasi yang tepat untuk meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan puas hingga menjadi loyal terhadap bisnis anda.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pelanggan anda menjadi loyal dan kembali terus menerus ke bisnis anda sampai mendapatkan angka pendapatan yang lebih.

Cara Agar Pelanggan Loyal

1. Cari tahu kebutuhan pelanggan

Jika ingin membuat pelanggan loyal dan mempertahankan mereka dalam jangka panjang, hal pertama yang harus anda lakukan sebagai pengusaha adalah mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan para pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka, anda dapat menanyakan langsung kepada pelanggan secara ramah.

Cobalah untuk dengarkan cerita mereka mengenai produk anda beserta keinginan mereka dari bisnis anda. Jika hal ini tidak memungkinkan, anda juga bisa menjaga hubungan baik dan menanyakan langsung melalui telepon, email, chatting, dan media lainnya. Usahakan untuk terus mendengarkan cerita mereka hingga selesai, dan hindari untuk memotong pembicaraan.

2. Berikan bonus kepada pelanggan

cara agar pelanggan setia
Photo by Pormezz on Adobe Stock

Umumnya pelanggan di Indonesia sangat tertarik dengan bonus. Anda bisa memberikan bonus kepada pelanggan dengan berbagai syarat, mulai dari beli dua kali gratis satu kali. Atau anda bisa memberikan bonus berupa barang yang menarik bagi pelanggan, jika pelanggan anda adalah anak kecil. Anda bisa memberikan mereka bonus mainan, atau jika pelanggan anda adalah ibu-ibu, Anda bisa memberikan bonus piring, panci, dan sebagainya. Dengan memberikan bonus kepada pelanggan, anda akan lebih mudah membuat para pelanggan anda lebih loyal.

3. Berikan jaminan garansi

cara agar pelanggan setia
Photo by https://adambutlerltd.co.uk/

Setiap pelanggan pasti membutuhkan garansi sebagai jaminan. Apalagi jika yang mereka beli adalah produk dengan harga yang cukup mahal. Dengan memberikan garansi, pelanggan anda akan lebih mudah percaya terhadap kualitas produk yang anda tawarkan. Anda bisa memberikan garansi dengan waktu yang sesuai berdasarkan produk yang dijual.

Jika yang anda jual adalah produk elektronik baru, minimal garansi yang anda berikan adalah satu tahun. Anda juga bisa memberikan jaminan kenyamanan, misalnya jika Anda menjual barang secara online, Anda bisa memberikan jaminan barang sampai maksimal 3 hari dan gratis pengembalian jika barang sudah rusak.

4. Buat pembulatan harga

Pada umumnya perusahaan melakukan pembulatan ke atas, yaitu menambahkan harga yang harus dibayar pelanggan. Cara tersebut malah membuat pelanggan tidak loyal. Untuk membuat pelanggan menjadi loyal kembali, cobalah untuk menghindari penambahan harga kepada pelanggan. Meski harga yang ditambahkan biasanya hanya beberapa rupiah, hal tersebut tentu sangat berpengaruh bagi pelanggan.

Misalnya total pembayaran pelanggan adalah Rp 43.000, anda dapat membulatkannya menjadi Rp 40.000, yaitu pembulatan ke bawah. Setelah itu, pastikan pelanggan anda mengetahui bahwa mereka mendapatkan pembulatan ke bawah. Hal tersebut sangat berpengaruh kepada psikologi pelanggan, di mana mereka akan merasa telah melakukan transaksi yang menguntungkan sehingga akan terus loyal terhadap usaha anda.

5. Berkomunikasi dengan bahasa yang mudah

cara agar pelanggan setia
Photo by mentatdgt from Pexels

Berharap pelanggan loyal berarti anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan melalui email, chatting, telepon, dan media lainnya untuk menanyakan kabar mereka. Anda juga bisa memberikan informasi bermanfaat, mulai dari mengirim artikel yang dibutuhkan hingga promo spesial yang para pelanggan inginkan.

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang mudah sehingga dapat dimengerti konsumen atau pelanggan anda. Hindari menggunakan Bahasa yang sulit dan istilah-istilah tertentu yang tidak pernah dipahami pelanggan anda sama sekali.

Baca juga: Mengenal Creative Agency Jakarta

6. Buat acara khusus untuk pelanggan

cara agar pelanggan setia
Photo by Ary setyobudi on Pixabay

Hal yang dapat anda lakukan untuk membuat pelanggan loyal adalah dengan membuat forum atau acara khusus untuk pelanggan. Anda bisa mulai dengan acara secara digital, bisa melalui website, media sosial, dan lainnya. Anda juga bisa beberapa kali dalam satu tahun mengadakan customer gathering, yaitu mengundang mereka ke suatu acara. Hal ini dapat membantu Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai bisnis anda, hingga membangun hubungan lebih baik kepada pelanggan anda.

7. Gunakan ulang tahun sebagai momen mempererat hubungan dengan pelanggan

Pada umumnya beberapa restoran atau toko akan meminta data pelanggannya mulai dari nomor HP sampai ulang tahun. Hal tersebut dimanfaatkan untuk mengetahui kapan pelanggan tersebut berulang tahun, dan biasanya toko akan memberikan bonus hari ulang tahun. Trik ini bisa kalian terapkan juga dalam bisnis yang dijalankan.

Jika mengetahui tanggal ulang tahun pelanggan, anda bisa memberikan kado sebagai penghargaan supaya pelanggan anda makin loyal dengan bisnis anda. Tidak harus berupa barang yang gratis, bisa juga berupa diskon atau hal lain yang akan disukai oleh para pelanggan. Untuk restoran, biasanya mereka memberikan bonus kepada pelanggan mereka yang berulang tahun dengan menawarkan makanan atau minuman khusus untuk pelanggan yang berulang tahun.

8. Melayani dengan ramah

Agar pelanggan selalu loyal dengan bisnis anda, terapkanlah melayani dengan ramah. Pelanggan akan selalu kembali lagi jika pelayanan yang diberikan dianggap memuaskan.  Kesabaran dan keramahan adalah kunci utama dalam melayani agar pelanggan mau terus berbelanja. Tentu tidak menyenangkan jika berbelanja di suatu tempat yang pelayanannya tidak ramah.

9. Memberikan layanan yang terbaik

Hal tersebut jelas membuat pelanggan anda loyal, karena pelayanan terbaik akan menciptakan pelanggan yang loyal dengan bisnis anda. Sebagai pemula, mendengarkan dan mengatasi masalah pelanggan dengan cepat dan tepat adalah kuncinya. Memudahkan pelanggan untuk berhubungan dengan bisnis anda juga bisa anda lakukan. Mulai dari menampilkan “Contact Person” pada website perusahaan anda, menyapa mereka melalui banyak media dan lain sebagainya.

10. Akui jika melakukan kesalahan

cara agar pelanggan setia
Photo by Arek Socha on Pixabay

Kesalahan dalam bisnis tentu bisa terjadi kapan saja dimana saja. Dan pelanggan memiliki peluang besar untuk mengetahuinya, karena saat ini platform sosial media sudah sangat banyak dan mudah dijangkau. Biasakan untuk introspeksi diri dan mengambil tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan yang ada.

11. Selalu menepati janji

cara agar pelanggan setia
Photo by Gerd Altmann on Pixabay

Memiliki reputasi yang baik dari pelanggan adalah harapan bisnis manapun. Anda harus menjadi konsisten dan dapat diandalkan oleh pelanggan. Seperti ketika anda berjanji kepada pelanggan untuk mengirim barang yang mereka telah beli dalam waktu 48 jam setelah pembelian, maka pastikan pengiriman barang terjadi kurang dari 48 jam dan jangan lebih dari 48 jam. Karena kepercayaan pelanggan terhadap anda akan membangun nilai kepercayaan kepada calon pelanggan anda lainnya.

12. Ucapkan terima kasih

Menghargai kerja sama dan loyalitas para pelanggan adalah cara menjaga hubungan baik dengan mereka. Agar bisnis anda tetap berkembang, anda tidak hanya membutuhkan pelanggan yang baru, tetapi harus memberikan penghargaan kepada pelanggan loyal agar para pelanggan yang lain merasakan komunikasi yang baik dalam bisnis anda. Untuk menciptakan loyalitas para pelanggan, lakukanlah yang terbaik.

Hubungan yang baik dengan pelanggan membuat segala permasalahan lebih mudah diatasi, misalnya ketika para pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan yang anda berikan, seperti permintaan yang tidak terlayani dengan baik. Segeralah anda mengakui kesalahan tersebut dan meminta maaf kepada para pelanggan tersebut, dan jangan lupa ucapkan terima kasih. Kelancaran dalam berkomunikasi dapat memperkuat perkembangan bisnis anda.

13. Memberikan kemudahan pada metode pembayaran

cara agar pelanggan setia
Photo by Negative Space from Pexels

Salah satu pendukung kesuksesan bisnis anda adalah kepuasan para pelanggan. Namun, untuk mempertahankan loyalitas para pelanggan itu sulit. Salah satu cara untuk menjaga loyalitas para pelanggan dapat anda lakukan dengan menyediakan metode pembayaran baik di toko offline maupun online anda.

Metode pembayaran yang mudah dapat membuat pelanggan anda nyaman untuk berbelanja di toko anda. Bagi anda yang memiliki toko offline, seperti toko buku, toko peralatan rumah tangga, toko snack, atau toko lainnya. Anda dapat menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan e-money, kartu kredit atau kartu debit yang bekerja sama dengan salah satu bank.

Bagi anda yang memiliki toko online, seperti online shopping, anda juga dapat bekerja sama dengan bank untuk menyediakan metode pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan. Selain itu, anda juga dapat menyediakan metode pembayaran yang bekerja sama dengan penjual tertentu seperti kantor pos atau penjual lainnya yang cukup dikenal oleh masyarakat

14. Pertahankan dan kembangkan kualitas produk

cara agar pelanggan setia
Photo by Gerd Altmann on Pixabay

Tanggung jawab seorang pengusaha untuk melakukan bisnis adalah menyediakan produk yang berkualitas kepada para pelanggan agar bisnis anda dikenal di seluruh masyarakat. Karena suatu produk yang berkualitas nantinya akan terus digunakan oleh para pelanggan bahkan akan menjadi produk langganan yang diminati para pelanggan.

Produk yang memiliki kualitas baik dan banyak dikenal oleh para pelanggan akan banyak memiliki pelanggan loyal, bahkan para pelanggan loyal akan membantu memasarkan barang tersebut. Setelah dipertahankan, anda harus melakukan pengecekan pada produk tersebut agar kualitasnya tidak menurun. Jika bisa, kembangkan produk tersebut dan bisnis anda agar dapat menarik para calon pelanggan yang lain yang membuat bisnis anda berkembang lebih pesat.

Dan terima segala masukan dari para pelanggan. Karena produk yang telah dipasarkan kepada para pelanggan pasti dapat beberapa masukan dari seluruh pengguna dari produk tersebut. Dari beberapa masukan yang ada, anda dapat memperbaiki produk yang telah dikomentari oleh para pengguna tersebut.

15. Melakukan inovasi pada produk

cara agar pelanggan setia
Photo by Pixabay from Pexels

Cara yang terakhir untuk memiliki pelanggan yang loyal adalah melakukan inovasi. Produk yang melakukan inovasi akan membangun loyalitas para pelanggan. Kebutuhan pelanggan akan selalu berubah dan ingin mendapatkan lebih sehingga anda harus melakukan inovasi terhadap produk. Inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti kemasan produk yang baru, memperbarui produk,  cara pengiriman barang, dan lain-lain. Sehingga anda harus melakukan inovasi produk dan anda agar para pelanggan tetap loyal terhadap bisnis anda.

Kesimpulan

Dimana jika ingin membuat forum khusus untuk pelanggan loyal?

Bisa dimulai di website, sosial media, dan lain lain.

Apa yang harus dilakukan jika terdapat komentar atau penilaian yang kurang?

Terima penilaian tersebut, lalu perbaiki produk yang telah dikomentari.

Bagaimana cara melayani para pelanggan dengan ramah?

Cara yang terbaik adalah melayani dengan kesabaran dan keramahan.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments