Take a fresh look at your lifestyle.

Calon Kepala Daerah Perempuan Harus Utamakan Kualitas

0 4
Calon Kepala Daerah Perempuan Harus Utamakan Kualitas

Linda Gumelar

Jakarta – Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018, sejumlah calon perempuan bermunculan. Dari jumlah total 1.146 bakal pasangan calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), hanya sembilan persen perempuan yang mengincar posisi kepala daerah. Sementara untuk posisi wakilnya hanya sepuluh persen.

Menanggapi hal ini, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabinet Indonesia Bersatu II Linda Agum Gumelar berpesan, supaya para perempuan calon kepala daerah mengedepankan kualitas. Kendati dari segi kuantitas (jumlah, Red) perempuan masih belum berani tampil.

“Ayo tunjukkan integritas kita. Kita lakukan hal-hal yang bersifat positif dan berguna bagi rakyat. Kita tunjukkan bahwa kita itu jujur dan bersih,” kata Linda kepada Jurnas.com, Senin (22/1) di Jakarta.

Ketua Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) ini yakin, sebenarnya perempuan Indonesia punya kualitas yang jauh lebih mumpuni untuk mengisi berbagai posisi di kursi legislatif dan eksekutif. Hanya saja, kata Linda, perempuan Indonesia masih terhambat oleh aspek materi yang umumnya disyaratkan oleh partai politik (parpol). Linda juga mengisyaratkan soal perlunya kebijakan khusus tentang keberpihakan pada perempuan.

“Saya yakin banyak perempuan yang berkualitas, tapi tidak memenuhi persyaratan dalam rangka untuk memenangkan partai. Tapi saya yakin, perempuan itu mampu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan tak kenal lelah, tidak melulu harus membicarakan soal materi,” ujarnya.

Kebijakan yang menunjukkan keberpihakan kepada perempuan, menurut Linda sangat diperlukan, mengingat pemberdayaan perempuan adalah satu dari 17 tujuan pembangunan keberlanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) global periode 2016-2030 untuk meningkatkan kesejahteraan secara merata.

“Saya tidak bisa memprediksi peluang kandidat perempuan di pilkada mendatang, tapi saya berharap semua kandidat termasuk laki-laki paham tentang isu perempuan dan pemberdayaan perempuan demi terwujudnya kesetaraan,” jelas istri Agum Gumelar tersebut.

TAGS : Pilkada 2018 Perempuan Linda Gumelar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28162/Calon-Kepala-Daerah-Perempuan-Harus-Utamakan-Kualitas/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments