Take a fresh look at your lifestyle.

Cak Imin: Nasionalisme Kuat Ajaran Ulama Nusantara

0 9
Cak Imin: Nasionalisme Kuat Ajaran Ulama Nusantara

Abdul Muhaimin Iskandar

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, ajaran ulama nusantara memperkuat nasionalisme dan cinta terhadap Tanah Air.

Menurutnya, peran ulama sangat penting dalam menjaga keutuhan Indonesia. Dimana, tradisi dan ajaran yang diwariskan ulama terbukti menjadi kekuatan nasional serta menguatkan semangat kebhinekaan Indonesia.

“Beberapa hal yang menjadikan nasionalisme kita kuat adalah ajaran ulama Nusantara bahwa cinta Tanah Air adalah bagian dari iman,” kata Cak Imin, dalam Seminar Nasional bertajuk “Maha Guru Ulama Nusantara: Zona Nusa Tenggara Barat” yang diselenggarakan Islam Nusantara Center (INC) di Masjid Istqlal, Jakarta Pusat.

Cak Imin mengatakan, sejak dulu para ulama telah memberi ajaran bahwa cinta Tanah Air merupakan bagian dari iman atau di Nahdlatul Ulama (NU), yang dikenal dengan adagium hubbul wathan minal iman.

Ia mencontohkan, beberapa negara Islam di Timur Tengah yang memiliki puluhan suku, namun menghadapi konflik dan perpecahan. Sedangkan, Indonesia yang memiliki ribuan suku dapat bersatu hingga saat ini.

“Artinya nasionalisme kita ditopang kuat dengan ajaran agama sehingga agama memperkuat nasionalisme kita. Ini yang belum saya lihat di negara-negara Islam lain di Timur Tengah,” terangnya.

Seminar tersebut juga dihadiri beberapa tokoh, di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsudin dan Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV.

TAGS : Ketum PKB Muhaimin Iskandar Cak Imin

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25284/Cak-Imin-Nasionalisme-Kuat-Ajaran-Ulama-Nusantara/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments