Take a fresh look at your lifestyle.

Buka Babak Baru, China Kembangkan Rudal ICBM

0 11
Buka Babak Baru, China Kembangkan Rudal ICBM

China kembangkan rudal balistik antarbenau (ICBM), Julang-3 (JL-3) (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Pemerintah China sedang mengembangkan rudal balistik antarbenua berbasis laut (ICBM), Julang-3 (JL-3), menurut media lokal. Perkembangan rudal JL-3 awalnya dilaporkan beberapa tahun yang lalu. Diperkirakan rudal baru tersebut akan menjadi bagian dari proyek kapal selam bertenaga nuklir lanjutan 096.

Awal bulan ini, situs-situs China menerbitkan gambar yang menunjukkan proyek kapal selam 032, kapal bertenaga konvensional terbesar di dunia, menjalani tes. Kapal tersebut mampu menampung rudal yang lebih besar. Saat ini, angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memiliki empat kapal selam rudal bertenaga nuklir 094 / 094G. Mereka membawa rudal JL-2. Ini adalah komponen maritim operasional penuh pertama dari triad nuklir China.

Vasily Kashin, pakar militer dan peneliti senior di Institut Studi Timur Jauh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, berbicara kepada Sputnik tentang kemungkinan peran rudal JL-3 untuk kepentingan strategis China.

Kashin menegaskan, pengembangan ICBM baru didikte oleh fakta bahwa potensi nuklir China saat ini tidak mencukupi. “Terlepas dari kenyataan bahwa JL-2 memiliki tingkat operasional yang relatif layak (7.400-8.000 km, menurut sumber yang berbeda), kemampuannya untuk menghalangi Amerika Serikat terbatas. Kapal selam nuklir China beroperasi di Laut China Selatan. Pada saat yang sama, kapal tersebut cenderung menghadapi masalah dan meninggalkan perairan teritorial China karena aktivitas pasukan angkatan laut AS dan Jepang, “kata Kashin.

Menurut Kashin, rudal JL-2 tidak akan bisa mencapai daratan AS jika terjadi konflik militer.

“Mereka bisa digunakan melawan sekutu AS dan pangkalan Amerika di Asia, namun peran mereka dalam pencegahan masih kecil. Untuk meningkatkan kekuatan nuklir strategis berbasis laut, China membutuhkan rudal dengan jarak tempuh 11.000-13.000 kilometer, lebih baik dengan kendaraan masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen, “kata Kashin

TAGS : China ICBM Rudal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20428/Buka-Babak-Baru-China-Kembangkan-Rudal-ICBM-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments