Take a fresh look at your lifestyle.

Banyak Kampus Kuliah Daring, Mendikbud: Demi Keselamatan

0 6
Banyak Kampus Kuliah Daring, Mendikbud: Demi Keselamatan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menginstrukskan seluruh pimpinan perguruan tinggi di daerah terdampak wabah virus corona baru (Covid-19), menghentikan sementara perkuliahan tatap muka.

Sebagai gantinya, Mendikbud memerintahkan agar perguruan tinggi segera mengeluarkan kebijakan perkuliahan dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa.

“Kami mendukung penuh keputusan para Pimpinan perguruan tinggi di wilayah yang positif terdampak Covid-19 untuk mendorong kegiatan perkuliahan dengan pembelajaran daring (dalam jaringan) dari rumah guna menghindari penyebaran virus,” kata Mendikbud di Jakarta, pada Senin (16/3).

“Keselamatan dan kesehatan mahasiswa dan warga kampus harus diutamakan. Dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran tetap dapat berjalan,” imbuh dia.

Sementara Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud, Nizam, mengimbau perguruan tinggi segera mengambil tindakan cepat dan terukur, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

“Sampai saat ini terdapat sekitar 65 perguruan tinggi yang menetapkan kebijakan perkuliahan dari rumah, menyikapi persebaran Covid-19 yang telah menjadi wabah di negara kita. Daftar ini akan terus diperbarui dengan laporan dari PTN (perguruan tinggi negeri) atau LLDikti,” ujar Nizam.

Menurut Nizam, pembelajaran dari rumah dapat dilakukan secara synchronous melalui penggunaan video conference maupun asynchronous dengan email atau berbagai aplikasi pengirim pesan lainnya. Materi pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang sudah tersedia.

“Yang terpenting dan harus ditekankan adalah bukan libur tetapi belajar dari rumah, dengan cara daring dengan e-learning dan sebagainya,” jelas Nizam.

“Mahasiswa, maupun Dosen dan tenaga kependidikan lainnya harus menjaga diri untuk tidak banyak berpergian atau berkumpul di tempat-tempat yang berisiko lebih tinggi,” tambah dia.

TAGS : Virus Corona Pembelajaran Jarak Jauh Kuliah Daring Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69020/Banyak-Kampus-Kuliah-Daring-Mendikbud-Demi-Keselamatan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments