Take a fresh look at your lifestyle.

Awalnya Berkelit, Jaksa Ungkap WhatApp, Menteri Desa Baru Mengaku

0 8
Awalnya Berkelit, Jaksa Ungkap WhatApp, Menteri Desa Baru Mengaku

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Sandjojo saat menjalani sidang sebagai saksi kasus dugaan suap WTP di Tipikor (Rangga Tranggana/jurnas.com)

Jakarta – Sidang lanjutan kasus dugaan suap pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi(Kemendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, membuat Jaksa terpaksa mengungkap adanya chat melalui aplikasi WhatApps terkait WTP.

Sidang kali pertama yang menghadiri Menteri Desa sebagai saksi ini, dengan terdakwa Irjen  Sugito dan Jarot Budi Prabowo sebagai Kabag Tata Usaha dan Keuangan pada Irjen Kemendes PDTT.

Jaksa KPK, Takdir Suhan mencecar pertanyaan seputar pertemuan dengan pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan informasi raihan opini WTP.

Menteri Desa tidak membantah pernah bertemu dengan auditor BPK, Choirul Anam yang digagas Sugito. Namun Menteri Eko membantah pertemuan itu untuk  meminta konfirmasi kabar Kemendes mendapat opini WTP.

“Choirul Anam bertemu saya setelah berita di media saya (Kemendes PDTT) dapat WTP, saya tanya ke Pak Gito. Pak Gito nggak tahu. Pak Anam bertanya kelihatannya Kemendes bisa WTP,” terang dia.

Lebih lanjut dikatakan Menteri Eko, yang berlangsung di ruangannya itu tak berlangsung lama. Pertemuan dengan Anam, kata Eko, merupakan inisiatif dari Sugito untuk menanyakan kabar tersebut.  

“Pertemuan di ruangan saya. Pertemuannya kalau nggak salah 5 menit, setelah Bu Menteri (Sri Mulyani) mengumumkan WDP, WTP, dan disclaimer. Di medsos juga ramai dibicarakan ada beberapa kementerian yang mendapat WTP, WDP, atau disclaimer,” ujar dia.

Jaksa terus menelisik mengenai pengetahuan Eko seputar WTP. Jaksa pun sempat memunculkan percakapan antara Eko dengan Sugito melalui aplikasi Whatsapp.

Awalnya Eko sempat berkelit mengenai komunikasi itu. Jaksa kemudian menampilkan bukti percakapan itu. “Saya tidak ingat ada chating tentang itu,” tutur dia.

Dalam tampilan percakapan tertanggal 19 Mei 2017 itu, Sugito melapor kepada Mendes Eko bahwa opini terhadap laporan keuangan milik Kemendes PDTT tahun anggara 2016 dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian.

“Laporan kita sudah sesuai dengan standart akuntansi pemerintah, artinya sudah WTP,” tulis Sugito dalam percakapan tersebut yang kemudian direspon Eko dengan memberikan simbol jempol.

Setelah dicecar dan ditunjukan bukti komunikasi itu Eko tak dapat mengelak. “Benar itu nomer saya. Kalau ini sudah pastin bener,” imbuh dia.

Eko juga sempat dikonfirmasi mengenai nota dinas yang dibuat Sugito. Salah satu poin berisikan mengenai tenaga pendamping. “Saya tidak ingat,” tandas Mendes Eko.

TAGS : Menteri Desa Eko Sandjojo. Suap WTP

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22087/Awalnya-Berkelit-Jaksa-Ungkap-WhatApp-Menteri-Desa-Baru-Mengaku/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments