Take a fresh look at your lifestyle.

Australia Umumkan Darurat Nasional Hadapi Virus Corona

0 8
Australia Umumkan Darurat Nasional Hadapi Virus Corona

Salah satu pantai di Australia (foto: The National)

Jakarta, Jurnas.com – Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan darurat nasional bagi warga dan mengatakan penduduk negara itu harus membatalkan semua perjalanan ke luar negeri karena epidemi virus corona.

Deklarasi formal memberi pemerintah wewenang untuk menutup kota atau daerah, memberlakukan jam malam dan memerintahkan orang untuk karantina, jika dianggap terdeteksi virus.

Peningkatan dalam pengumuman resmi menjadi “Level 4: Jangan bepergian” ke negara mana pun di dunia, disertai dengan larangan pertemuan di dalam ruangan yang tidak penting yang dihadiri lebih dari 100 orang.

“Hidup sedang berubah di Australia, seperti yang berubah di seluruh dunia,” kata Morrison saat konferensi pers yang disiarkan televisi dilansir france24.

“Hidup akan terus berubah, karena kita berurusan dengan virus corona global. Ini adalah acara jenis sekali dalam seratus tahun,” tambahnya.

Australia telah mencatat sekitar hampir 500 infeksi virus vorona dan enam kematian, jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan negara lain, tetapi para pejabat semakin khawatir tentang prospek peningkatan kasus secara eksponensial.

New South Wales, negara bagian terpadat di negara itu, melaporkan lonjakan satu hari terbesar dalam kasus-kasus baru pada hari Rabu, bersama dengan kematian terbaru negara itu, seorang pria berusia 86 tahun yang meninggal di rumah sakit Sydney.

Morrison mengatakan larangan yang lebih ketat pada pertemuan sosial di dalam ruangan, turun menjadi 100 orang dari 500 orang, tidak termasuk layanan penting seperti sekolah, transportasi umum dan pusat perbelanjaan.

Pemimpin Australia mengutip bimbingan ahli kesehatan sebagai alasan untuk menjaga sekolah tetap terbuka, strategi yang telah dipertanyakan oleh beberapa ahli. Beberapa sekolah swasta telah membuat keputusan unilateral untuk libur menjelang liburan Paskah mendatang.

Morrison menegaskan kembali perlunya menjaga jarak sosial dan kebersihan tangan yang baik untuk menghentikan penyebaran virus dan mengumumkan akses terbatas ke panti jompo.

Siapa pun yang bepergian selama larangan Level 4 diperingatkan bahwa pemerintah Australia mungkin tidak dapat membantu jika mereka mendapat masalah saat berada di luar negeri, menurut situs resmi pemerintah SmartTraveller. Ini juga merekomendasikan orang-orang yang sudah berada di area “jangan bepergian” pertimbangkan untuk pergi.

Sesaat sebelum pernyataan Morrison, pemerintah meluncurkan paket bantuan senilai A $ A $ 715 juta ($ 430 juta) untuk maskapai penerbangan, termasuk keringanan biaya kontrol lalu lintas udara domestik. Virgin Australia Holdings Ltd telah menangguhkan semua penerbangan internasional dari 30 Maret hingga 14 Juni, sementara Qantas Airways Ltd telah memangkas kapasitas internasionalnya sebesar 90%.

Pembatasan pelebaran perjalanan dan pergerakan domestik diperkirakan akan berdampak besar pada sektor pariwisata, ritel, dan hiburan Australia.

Para ekonom memperkirakan negara itu akan masuk ke dalam resesi pertama dalam hampir tiga dekade pada paruh pertama 2020, mendorong lompatan cepat dalam pengangguran.

TAGS : Pemerintah Australia Virus Corona

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69149/Australia-Umumkan-Darurat-Nasional-Hadapi-Virus-Corona/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments